Detil Berita

Tekuni Wirausaha, Mahasiswa Unika Musi Charitas Ukir Prestasi Business Plan Competition Tingkat Nasional

  • by: Unit Informasi Multimedia
  • 24 May 2018

Bussiness Plan Competition 2018 diadakan oleh Binus Online Learning dibawah naungan Binus University.
Tema kompetisi berkaitan dengan pengembangan wirausaha berbasis kearifan lokal dan para peserta diwajibkan mengaplikasikan ilmu teknologi, ilmu ekonomi dan kemampuan manajemen dalam proposal bisnisnya.

Kompetisi tingkat nasional ini mengambil 10 proposal bisnis terbaik untuk dipresentasikan dihadapan juri dan penonton.
Mahasiswa program studi Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Katolik (Unika) Musi Charitas, Theodorus Budhi Krismanto, merupakan salah satu peserta yang berhasil lolos ke babak final. Theo yang saat ini tengah menempuh semester 4, memiliki kecintaan tersendiri dalam dunia bisnis (wirausaha).
Kecintaanya pada dunia wirausaha, mendorong Theo terjun ke dalam bisnis kuliner dengan membuat produk popcorn aneka rasa. Produk popcorn ini diberi nama GRANDPOPCORN dengan kemasan menarik dan beragam pilihan rasa seperti original, caramel, cappucino, keju, dan volcano (pedas).

Poin utama yang menjadi kekuatan penilaian dalam proposal bisnis Theo adalah karena produk GRANDPOPCORN yang sudah berjalan selama kurang lebih satu tahun dan menggunakan bahan dasar (sumber daya) alami dari Indonesia. Poin kreativitas yang terwujud dalam bentuk kemasan yang menarik disertai pula dengan tawaran beragam pilihan rasa yang menarik, mengantarkan Theo melaju ke babak final. Di babak final, Theo harus mempresentasikan proposal bisnisnya dihadapan para juri dan penonton.
“Ketika presentasi saya sempat gugup, namun Puji Tuhan pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri dapat saya jawab dengan lancar. Saya mendapat applause dari juri dan seluruh penonton, saya juga berkesempatan memberikan sample produk untuk dicicipi oleh dewan juri” demikian diungkapkan Theo.

Kerja keras Theo tidak sia-sia, ia dinobatkan sebagai Juara Pertama karena dewan juri menilai GRANDPOPCORN memiliki keunggulan, yaitu produk sudah melewati beberapa riset dan memiliki kearifan lokal terkait dengan penggunaan bahan baku.

Selamat Theo. Semoga apa yang dicapai oleh Theo dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk berani berwirausaha.