Detil Berita

PBI UKMC Siapkan Calon Guru Bahasa Inggris Berkualitas Melalui Program Magang Kependidikan

Dalam rangka mencetak calon Guru Bahasa Inggris yang berkualitas, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC), menyelenggarakan Program Magang Kependidikan. Program ini merupakan salah satu program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diadakan oleh Prodi PBI bersama-sama dengan sekolah-sekolah mitra PBI UKMC, yakni SMK Xaverius Palembang, SMP Xaverius 7 Palembang, dan SMP Santo Louis Palembang. Melalui program ini, mahasiswa-mahasiswi PBI semester 5 dipersiapkan untuk menjadi guru yang selain unggul di bidang akademik, juga unggul di bidang non-akademik. Program ini telah sukses dilaksanakan pada periode Juli 2023 hingga Januari 2024.

<Magang Kependidikan 1

Pada program Magang Kependidikan ini, aspek non-akademik menjadi titik berat di mana mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan empat kegiatan besar, yakni (1) Pengantar Magang Kependidikan, (2) Pengenalan Lingkungan Pembelajaran, (3) Pembinaan Karakter dalam Pendidikan, dan (4) Persiapan Program Pendidikan. Pada kegiatan Pengantar Magang Kependidikan, mahasiswa mendalami hal-hal terkait dengan Dasar-Dasar Bimbingan & Konseling dan Pengantar Pendidikan. Salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah memberikan asistensi di Unit Bimbingan Konseling yang ada di sekolah mitra PBI UKMC. Adapun mahasiswa juga turut berpartisipasi dalam kegiatan P5 yang juga sejalan dengan tujuan aspek Pengantar Pendidikan.

Magang Kependidikan 2

Kegiatan yang kedua adalah kegiatan Pengenalan Lingkungan Pembelajaran, mahasiswa harus mengamati dan ambil bagian dalam proses penerapan Etika Pendidikan dan Kemasyarakatan yang ada di sekolah. Sembari mengamati, mahasiswa juga belajar secara langsung dari para pengelola seperti Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Para Guru melalui proses wawancara yang kemudian dilaporkan. Laporan tersebut, kemudian ditindaklanjuti melalui projek karya dalam bentuk Infographic mengenai Etika Pendidikan dan Kemasyarakatan di Sekolah.

Sementara itu pada kegiatan Pembinaan Karakter Dalam Pendidikan, mahasiswa secara langsung belajar mengenai Kepemimpinan dalam Pendidikan, Moralitas, dan Psikologi Remaja, melalui interaksi, pengamatan, studi kasus di sekolah, serta proses wawancara dengan warga sekolah. Kegiatan-kegiatan tersebut kemudian dituangkan dalam laporan kemajuan.

Kegiatan yang terakhir merupakan kegiatan mengenai Persiapan Program Pendidikan. Apabila ketiga kegiatan sebelumnya berfokus pada aspek-aspek non-akademik, kegiatan yang terakhir bertujuan untuk mengantar mahasiswa kepada aspek akademik sebagai seorang guru. Dalam kegiatan ini, mahasiswa difokuskan untuk mengenali hal-hal yang perlukan dalam Mendesain Kurikulum dan Perangkat-Perangkat Belajar dan Pembelajaran. Adapun salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah partisipasi mahasiswa dalam mengelola ekstrakurikuler Bahasa Inggris.

Program Magang Kependidikan ini dilaksanakan selama 1 semester dan setara dengan dua puluh (20) SKS. Program ini merupakan program magang dengan skema MBKM yang dilaksanakan oleh Prodi PBI UKMC. Ada banyak sambutan baik dari Sekolah-Sekolah Mitra dalam proses pelaksanaan program ini. Baik pihak Program Studi maupun pihak Sekolah berharap bahwa program serupa bisa dilaksanakan kembali bersama di periode yang akan datang.