S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Katolik Musi Charitas dimulai dari pengusulan tiga Sekolah Tinggi dilingkungan Keuskupan Agung Palembang, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi, Sekolah Tinggi Teknik Musi dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Perdhaki Charitas Palembang untuk bergabung
menjadi Universitas. Selama enam tahun , sejak diajukan akhir 2008 dan terakhir diajukan pada September 2014 dengan menambahkan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, terbitlah Surat Keputusan MENDIKBUD RI no 573/E/O/2014 tanggal 17 Oktober 2014 untuk Universitas Katolik Musi Charitas Palembang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar strata 1 (S1) Universitas Katolik Musi Charitas Palembang mulai menerima pendaftaran mahasiswa untuk tahun akademik 2015/2016.
 

Visi:

Menjadi pendidik sekolah dasar yang unggul dalam mengintegrasikan seluruh konsep pengetahuan di sekolah dasar dan mengaplikasikan ke dalam berbagai praktik lapangan sesuai dengan perkembangan IPTEKS berdasarkan nilai-nilai dasar Universitas Katolik Musi Charitas.

 

Misi:

  • Menyelenggarakan pembelajaran yang sesuai dengan empat kompetensi guru
  • Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai dasar CHAMPION
  • Menyelenggarakan penelitian yang berkontribusi pada pendidikan dasar
  • Melaksanakan pengabdian  kepada  masyarakat  yang berhubungan  pada dunia pendidikan dasar

 

Tujuan:

  • Menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang pendidikan dasar.
  • Menghasilkan lulusan yang berkharakter sesuai dengan nilai-nilai CHAMPION.
  • Menghasilkan penelitian yang kontributif dalam tugasnya sebagai  guru sekolah dasar.
  • Menghasilkan pengabdian yang kontributif pada pendidikan dasar

 

Sasaran:

  • Rata-rata IPK lulusan 3,00
  • Pada tahun 2025, 100 % lulusan terserap menjadi guru SD
  • Rata-rata waktu tunggu lulusan 4 bulan
  • Pada tahun 2025, 100% lulusan terserap pada SD Swasta danSD Negeri
  • Penelitian dan pengabdian dosen yang dimuat dalam jurnal nasional terakreditasi, minimal 7 judul per tahun
  • Penelitian dosen yang dimuat dalam jurnal internasional terakreditasi minimal 1 judul per tahun
  • Pengabdian masyarakat sekurang-kurangnya 6 pengabdian kepada masyarakat per tahun
  • Mitra kerjasama baik lokal, regional,  nasional  dan internasional mencapai  sekurang-kurangnya 10  mitra kerjasama

 

Strategi:

  • Memotivasi mahasiswa melalui program inisiasi, AYO Project, Integrity weekend, seminar. Pelatihan, workshop setiap tahun
  • Meningkatkan peran dosen Pembimbing Akademik dalam memotivasi mahasiswa
  • Pembimbing Akademik mengkomunikasikan dengan dosen lain  kesulitan yang dialami mahasiswa dan mencarikan solusi
  • Menyelenggarakan kuliah dalam kelas maksimal 30 mahasiswa oleh tim dosen. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan intensitas interaksi dosen dan mahasiswa
  • Memberikan pelayanan tentir, kelompok belajar ( tutor sebaya). Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kegagalan studi
  • Membuka kelas semester pendek, untuk setiap matakuliah yang terdapat mahasiswa bernilai kurang ( C dan D) atau tidak lulus (nilai E). Hal ini untuk menghindari mahasiswa tertunda kelulusannya. Kesempatan ini juga diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin memperbaiki nilai
  • Melaksanakan praktik lapangan; kepramukaan,  bimbingan belajar kelas tinggi, bimbingan belajar kelas rendah, program pengakraban   lingkungan sekolah (Probaling), Magang.
  • Memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Konsultasi dilakukan di lingkungan kampus
  • Setiap perkuliahan dosen memotivasi mahasiswa untuk memiliki semangat pelayanan
  • Mahasiswa menyadari bahwa menjadi guru merupakan suatu panggilan
  • Dosen melakukan penelitian yang sesuai/relevan dengan bidang pendidikan dasar
  • Dosen melakukan pengabdian yang sesuai/relevan dengan bidang pendidikan dasar
  • Dosen berkolaborasi dengan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian masyarakat
  • Mengarahkan tugas-tugas/paper/skripsi mahasiswa ke topik/tema bidang pendidikan dasar
  • Menyelenggarakan seminar, workshop lokal, regional, nasional, maupun internasional
  • Mengikuti lokarya, workshop, seminar tingkat lokal , regional, nasional,maupun internasional