Detil Berita

Melangkah Bersama: Inovasi Program Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Katolik Musi Charitas di Sekolah Mitra

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) di Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC), komitmen untuk menghasilkan calon-calon Guru Bahasa Inggris serta praktisi di bidang Bahasa Inggris dan pendidikan terus berlanjut. Salah satu upaya nyata yang dilakukan adalah melalui Program Pengalaman Lapangan (PPL). Pada periode Juli-Desember 2023, mahasiswa semester 7 Prodi PBI dikirim ke lima sekolah mitra UKMC di Palembang, yaitu SMA Xaverius 1, SMA Xaverius 3, SMA Xaverius 2, SMP Xaverius Maria, dan SMPK Frater Xaverius 1.

PPL PBI 2

Dalam PPL, para Guru Magang memiliki dua kegiatan utama. Pertama, mereka terlibat dalam praktek mengajar Bahasa Inggris di sekolah mitra. Ini tidak hanya untuk mengasah keterampilan, tetapi juga memperkuat identitas guru yang telah mereka kembangkan. Dibawah bimbingan Guru Pamong dan Dosen Pengampu PPL, mereka merancang dan melaksanakan kegiatan pengajaran. Performa mereka dievaluasi dua kali oleh Guru Pamong dan Dosen Pengampu PPL.

Kegiatan kedua adalah merancang bahan ajar Bahasa Inggris. Di bawah supervisi Dosen Pengampu PPL, mereka membuat buku bahan ajar yang mencakup materi, soal latihan, dan kegiatan pembelajaran untuk keempat keterampilan berbahasa Inggris. Buku ini kemudian diberikan kepada sekolah mitra sebagai inovasi dari Prodi PBI UKMC.

3/>

PPL telah mendapatkan sambutan baik dari sekolah-sekolah mitra, mencerminkan keberhasilan kerjasama antara Prodi PBI UKMC dan sekolah-sekolah. Kedua belah pihak berharap program serupa dapat dilaksanakan lagi di masa depan.