S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris bermisi menyelenggarakan pendidikan yang berusaha memadukan keunggulan akademik dengan nilai-nilai humanistik dalam rangka mempersiapkan tenaga-tenaga perancang, pengelola, dan pengembang program bahasa Inggris yang berkepribadian matang, berwawasan luas, serta memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi; kompeten, andal, serta profesional untuk berperanserta dalam memajukan bangsa Indonesia melalui karya-karya pendidikan.

 

Visi :

  • Pada tahun 2025, menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul di Sumatra Bagian Selatan dalam menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang professional, berwawasan kemanusiaan, dan memiliki karakter yang kuat sebagai pendidik demi mencerdaskan bangsa.

Misi :

  • Menyelenggarakan pendidikan calon Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang professional, berwawasan kemanusiaan dengan pengembangan karakter yang kuat sebagai pendidik serta mampu mengintegrasikan ilmu, iman, dan teknologi dalam proses pemberian pelayanan pendidikan.
  • Menyelenggarakan penelitian di bidang Bahasa Inggris untuk memecahkan masalah, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan mengembangkan ilmu pendidikan khususnya pendidikan Bahasa Inggris.
  • Menyelenggarakan pengabdian dengan memberikan pelayanan yang berwawasan kemanusiaan di bidang pendidikan Bahasa Inggris bagi pengelola pembelajaran Bahasa Inggris dan pelatihan keterampilan berbahasa Inggris kepada masyarakat luas. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengaan memberikan pelatihan-pelatihan penerapan bahasa Inggris kepada para pendidik maupun peserta didik baik di institusi pendidikan formal maupun non-formal.

Tujuan:

  • Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kompetensi keilmuan yang tinggi dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris.
  • Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang profesional: sarjana yang senantiasa berupaya mengembangkan kualitas keilmuannya secara kreatif dan inovatif dalam rangka menjawab dan mengatisipasi kebutuhan kekinian masyarakat dan bangsa.
  • Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang senantiasa terpanggil untuk melakukan pencerahan serta memberikan kontribusi dalam memajukan masyarakat.
  • Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang berkualitas dan mandiri, mempunyai keunggulan komparatif baik di tingkat lokal, nasional, maupun global.
  • Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul dalam penguasaan metode dan teknik pembelajaran Bahasa Inggris.

Sasaran:

  • Pelaksanaan Program pengembangan soft skills unggul, berwawasan kemanusiaan dan berkarakter kuat secara berkesinambungan.
  • Pendidikan dan Pengajaran:
  • Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan 3,10 (dalam skala 4)
  • Rata-rata masa studi 5 (dalam satuan tahun)
  • Jenjang pendidikan dosen minimal Strata 2 mencapai 100% dari jumlah dosen
  • Dosen yang memiliki sertifikasi dosen sebanyak 33,3% dari jumlah dosen
  • Keikutsertaan mahasiswa dalam mata kuliah yang bersifat praktik hingga dinyatakan lulus dengan hasil yang memuaskan.
  • Setiap dosen melakukan penelitian sebanyak 1 kali dalam kurun waktu 1 tahun ajaran.
  • Setiap dosen menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat sebanyak 2 kali dalam kurun waktu 1 tahun ajaran.

Strategi:

  • Melakukan koordinasi dengan Campus Ministry agar mahasiswa dapat dihimbau untuk tidak hanya mengikuti keagamaan bagi yang beragama Katolik, tetapi juga mendapatkan layanan konseling.
  • Mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan akademik maupun non akademik yang diukur melalui poin SAKM dengan pencapaian minimal sebesar 30 poin (juga digunakan sebagai syarat pengambilan mata kuliah skripsi).
  • Menyediakan informasi kepada mahasiswa mengenai peluang keikutsertaan pada kegiatan dan kompetisi yang berkaitan dengan bidang kemanusiaan dan penanaman karakter.
  • Mengintegrasikan core values ke dalam pengajaran sehingga mahasiswa diajak untuk meningkatkan keimanan dan memperbaiki karakter dirinya melalui proses pembelajaran.
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran yang mengarah pada pencapaian kemampuan mahasiswa untuk memahami, meretensi, menganalisis dan mengaplikasikan pengetahuan Bahasa Inggris, dan nilai-nilai etika dengan menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KKNI) yang terus dikembangkan setiap tahunnya.
  • Mewajibkan para dosen untuk memiliki jabatan akademik dan juga mengikuti sertifikasi dosen.
  • Membangun kerjasama dengan mitra baik di tingkat lokal, nasional maupun global dalam menyelenggarakan berbagai implementasi dari kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi baik bersama dosen maupun mahasiswa Prodi PBI.
  • Melaksanakan mata kuliah praktik yang berfungsi sebagai media untuk berlatih mengimplementasikan metode dan teknik pembelajaran Bahasa Inggris.
  • Menyediakan ruang belajar dan fasilitas khusus untuk pelaksanaan mata kuliah praktik.
  • Mewajibkan dan memfasilitasi dana penelitian bagi dosen yang melakukan penelitian dan mempublikasikannya.
  • Mewajibkan dan memfasilitasi dana pengabdian bagi dosen yang melaksanakannya baik secara individu ataupun kelompok minimal 1 kali dalam 1 semester atau 2 kali dalam kurun waktu 1 tahun ajaran.