Detil Berita

UKMC Bekali Pembelajaran untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan di Palembang

  • by: Humas Unika Musi Charitas
  • 24 April 2024

Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama agar siap bekerja dalam bidang tertentu. Bidang tertentu merupakan bidang yang dipilih dan dipelajari selama peserta didik berada di lembaga pendidikan kejuruan. Dimana, SMK Xaverius Palembang memiliki konsentrasi jurusan TKJ yakni Teknik Komputer dan Jaringan. Tuntutan kurikulum pendidikan sekarang ini, para peserta didik tidak hanya belajar pada konsentrasinya tetapi perlu mempelajari bidang lain yang masih berkaitan dengan jurusannya. Untuk itu, pihak sekolah membekali peserta didik dengan memberikan pembelajaran baru berupa pelatihan terkait pembelajaran gerbang logika dari Tim Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC).
 
Tim UKMC terdiri dari 5 orang yakni Klaudius Jevanda BS, MT; Wawan Nurmansyah, M.Cs; Latius Hermawan, M.Kom; Prisca Yeniyati, MT selaku Dosen dan Dandi selaku Mahasiswa Program Studi Informatika. Pelatihan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 4 April 2024 pukul 09.15 – 11.00 WIB dengan izin Bapak Drs. N. Suseno selaku Kepala Sekolah dengan susunan acara meliputi pengenalan tim dan juga peserta didik, pre-test, pemaparan materi pelatihan, tanya jawab, post-test dan foto bersama. Peserta pelatihan berjumlah 32 orang kelas X jurusan TKJ. Tujuan pelatihan ini agar para peserta didik mendapatkan pengetahuan diluar kurikulum dan juga dapat menambah pengetahuan sesuai dengan konsentrasi peserta didik jurusan TKJ.
 

 
Pelaksanaan pembelajaran menggunakan tools Electronics Workbench (EWB). Dengan EWB, peserta didik dapat membuat rangkaian gerbang logika AND, OR, NOT, NAND, NOR, XOR dan XNOR serta menguji kebenaran dari rangkaian tersebut agar sesuai dengan tabel kebenarannya. Berdasarkan hasil pembelajaran yang diambil dari post-test secara keseluruhan bahwa peserta didik sangat memahami dan menguasai materi gerbang logika dengan rata-rata 93,86 %, dimana hasil pre-test sebelum diberikan materi gerbang logika secara keseluruhan rata-ratanya sebesar 71,42 %. Dengan demikian, pelatihan yang diberikan oleh Tim UKMC memberikan dampak yang signifikan akan pengetahuan dan menambah wawasan para peserta didik kelas X SMK Xaverius Palembang.