Detil Berita

Freshman Welcoming Night dan RUA MCEESA Prodi PBI

Dalam rangka penyambutan mahasiswa baru TA 2017-2018, Musi Charitas English Education Student Association (MCEESA), atau Himaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, menyelenggarakan kegiatan Freshman Welcoming Night pada tanggal 20-21 September 2017. Acara yang dikemas dengan konsep camping tersebut dihadiri oleh 24 mahasiswa dan 5 dosen. Selain itu, beberapa undangan yang datang adalah Dekan Fakultas Bisnis dan akuntansi, 4 perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa FBA, dan beberapa perwakilan dari UKM Restu Bumi. Selain bertajuk welcoming party, kegiatan tersebut juga mengusung agenda evaluasi dan penyusunan program kerja MCEESA, atau Rapat Umum Anggota MCESSA masa kerja 2017-2018.

 

Seluruh peserta datang ke lokasi perkemahan pada pkl 19.00 dan mempersiapkan konsumsi dengan
barbecue-an bersama. Kegiatan officially dimulai pada pukul 21.00, yang dibuka dengan kata sambutan dari pimpinan prodi, yang diwakili Pak Heri Pranoto, dan dilanjutkan sambutan dari Pak Dedi Haryanto, selaku Dekan FBA. Pada pkl 21.30, para pengurus MCEESA tahun bakti 2016-2017 menyampaikan laporan pertanggungjawaban kegiatan. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama. Selepas makan malam, peserta dipandu untuk mengadakan beberapa permainan teambuilding, yang selanjutnya diarahkan untuk berada dalam kelompok kecil untuk diskusi. Diskusi yang dimulai pada pukul 23.30 tersebut memfasilitasi mahasiswa untuk sharing tentang kegiatan himaprodi dan kendala-kendala yang perlu diantisipasi untuk tahun kepengurusan berikutnya. Selain itu, setiap kelompok kecil yang terdiri dari enam peserta tersebut harus membuat tiga program kerja yang akan direkomendasikan untuk diadakan pada tahun kepengurusan 2017-2018.

 

Akhir dari kegiatan tersebut, seluruh peserta berkumpul untuk pleno atau presentasi, dan mendapatkan
tanggapan dari seluruh peserta. Dalam penyususunan program kerja tersebut, 4 dosen yang mendampingi, yaitu Romo Anselmus, Ibu Anastasia, Ibu Tutik, dan Pak Heri Pranoto, masing-masing memberikan masukan-masukan sekaligus menegaskan status dan kedudukan MCEESA dalam struktur orgasinasi akademik. Acara tersebut berakhir pada pukul 02.00, dan dilanjutkan dengan doa bersama. Peserta menyalakan lilin dan dengan terpimpin, berefleksi dan menyampaikan doa permohonan. Acara berlangsung dengan hikmat dan khusuk. Setelah doa bersama, atau pada pukul 02.40, acara dilanjukan dengan acara bebas. Beberapa peserta membuat bandrek atau susu jahe, beberapa membakar jagung dan sosis, dan beberapa yang lain karaoke dan bermain kartu. Acara ditutup pada pukul 03.30. setelah itu, peserta beristirahat sampai pukul 05.30. Sebelum meninggalkan lokasi pada pukul 06.00, seluruh peserta mengadakan bersih-bersih dan sarapan bersama.

 

Seluruh kegiatan berlangsung dengan lancar. Kegiatan dengan konsep malam keakraban tersebut benar-benar membuat seluruh mahasiswa dan dosen menjadi semakin akrab, dan harapannya membuat proses pembelajaran atau perkuliahan berlangsung dengan lebih baik. Selain itu, output kegiatan yang adalah membuat program kerja himaprodi juga tercapai. Walaupun masih bersifat rancangan, program kerja tersebut selanjutnya akan didiskusikan lebih lanjut dengan unsur pimpinan prodi dan fakultas untuk dapat disahkan.