Detil Berita

WEBINAR UKM JURNALISTIK “Produktif di Masa Pandemi”

  • by: KKA
  • 17 October 2020

Webinar UKM Jurnalistik dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2020. Webinar kali ini menjadi webinar perdana yang dilakukan oleh UKM Jurnalisitik. Judul yang diangkat kali ini adalah “Produktif di Masa Pandemi”, mengingat bahwa pada tanggal tersebut dunia masih digemparkan dengan sebuah virus yang menyebabkan beberapa aktivitas masyarakat terganggu, itulah sebabnya produktif di masa pandemi menjadi judul penting yang akan dibahas oleh pembicara muda webinar jurnalistik kali ini.
 
Pembicara yang menyampaikan webinar kali ini bernama Dionisius Dexon, seorang penulis buku dan musisi, serta Ia juga aktif di sosial media menciptakan banyak tulisan singkat yang membawa pembacanya terhanyut seolah dapat merasakan makna dari tiap tulisan yang ada.
Dionisius atau sering dipanggil Kak Dion menyampaikan banyak hal yang dapat masyarakat lakukan selama masa pandemi. Kak Dion berkata, mungkin banyak orang yang kehilangan pekerjaan atau rutinitas pribadinya di masa pandemi, namun hal ini bisa diatasi.
 
Dan Kak Dion memberi tahu bahwa ia mengatasi keadaan masa pandemi salah satunya dengan cara menulis. Namun disini, Kak Dion menyarankan untuk mengenali dulu apa yang kita butuhkan? Apa yang dapat kita lakukan? Jika menulis, mengapa demikian?
Lalu Kak Dion mengungkapkan mengapa selama masa pandemi, ia lebih banyak menulis. Hal ini dikarenakan dengan menulis ia dapat menciptakan ruang sendiri. Dalam setiap situasi yang Ia alami, tentunya melahirkan banyak pertanyaan. Pertanyaan – pertanyaan inilah yang dapat dijadikan inspirasi dan dikembangkan dalam menulis.
 
Kak Dion juga menyampaikan bahwa menjadi produktif bukanlah suatu keharusan, bukan suatu perlombaan. Kita hanya perlu mencari apa yang kita butuhkan. Selama masa pandemi memang kita diminta untuk tetap berjaga dirumah, namun kita juga perlu ruang untuk diri kita sendiri. Dirumah mungkin membuat kita sedikit sesak.
Lalu bagaimana sederhananya kita mendapatkan ruang?
Kak Dion menyampaikan, salah satunya dengan cara menulis, sangat sederhana. Menulis tidak harus diperlombakan, namun menulis bisa membuat kita memiliki ruang untuk diri kita sendiri. Adapun langkah-langkah yang bisa kita lakukan pertama adalah mencari inspirasi, dilanjutkan dengan menulis beberapa kalimat dan menjadi sebuah tulisan menarik. Segala pemikiran dapat tertuang dalam sebuah tulisan. Kak Dion juga menyampailan bahwa dari semua jenis buku, musik serta tulisan kecil yang Ia buat, terinspirasi dari hal sekitarnya.
Dari banyak penjelasan tersebut, Kak Dion tentu mendorong peserta untuk rajin menulis. Karena menulis adalah kegiatan yang paling sederhana untuk mencari ruang kita sendiri.
 
Dokumentasi