Detil Berita

Webinar Nasional UKMC – APTIK

  • by: KKA
  • 04 September 2020

Webinar Nasional UKMC-APTIK dengan tema Merdeka Belajar : Menjadi Mahasiswa Sukses di Tengah Pandemi COVID-19 yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 4 September 2020 melalui via ZOOM dan YouTube (UKMC TV).
 
Moderator : RP. Anselmus Inharjanto, SCJ., M.Phil (Campus Ministry Unika Musi Charitas, Palembang)
Host : Kevin Surawi (Mahasiswa Berprestasi Unika Musi Charitas, Palembang)
 
Materi pertama membahas mengenai How to be a Successful Student during a Pandemic COVID-19, narasumber materi ini adalah Prof. Dr. Ir. Iin Handayani, M.Sc. (Profesor Murray State University, Kentucky, USA)
Generasi Zaman Now atau dalam bahasa Inggris disebut Generation Z. Menurut hasil penelitian sukses menurut generasi Z itu 70 % merasa sukses jika Salary (Gaji) cukup, 69 % sukses itu adalah happy, 69% sukses itu sehat, 60% enjoy the carrier (ex: Olshop, YouTuber, Bekerja di Universitas menjadi Asisten), 56% sukses itu Lulus dari Universitas. Keistimewaan Generation Z adalah suka belajar (62 %), ingin belajar karena ingin lebih banyak uang (59%), ingin belajar karena ingin mendapatkan promosi (46%). Generation Z itu Ingin memiliki pekerjaan berdasarkan kemauan sendiri, punya pekerjaan baru tetapi yang menunjukkan identitas dirinya (42%), ingin memiliki bisnis sendiri (31%), ingin membuat hobinya menjadi tempat mata pencaharian (37%). Fakta baru 60% available job needs Bachelor Degree, jadi targetnya bisa mengikuti kuliah dengan baik, nilai yang bagus dan mendapatkan ilmu. Ijazah S1 itu tidak cukup melainkan harus ada S1 plus (+) itu maksudnya multi talenta, soft skill. Berusaha mendapatkan Job adalah memiliki kualitas, inisiatif.
 
Walaupun Pandemi saat ini, kita melaluinya bersama-sama, jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan, namun kita masih bisa belajar, memiliki nilai bagus, dan sukses menguasai mata kuliah dan hal lainnya seperti menjalankan bisnis.
 
Materi kedua membahas mengenai Kiat Sukses Belajar Daring, narasumber materi ini adalah Johanes Eka Pritayma, M.Sc., Ph.D. (Rektor Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta)
Kiat Sukses Belajar Daring, ada 5 agenda yaitu Merenungi kegiatan belajar, jadi belajar bukan perkara teknikal dan manajerial melainkan perkara spiritual, mental dan sosial. Dalam menghadapi Pandemi saat ini, kita mencari pandangan lain yaitu memiliki peluang dengan cara menopang kemandirian dan fleksibelitas, memaksa kreasi dan inovasi, memperluas kolaborasi dan berbagi, mempercepat implementasi Merdeka Belajar. Membangun sikap dan mentalitas belajar untuk percaya diri dan bahagia, mengenali diri dengan baik, berani menjadi diri sendiri, maka Anda terus memotivasi internal yang kuat bahwa belajar menjadi kegembiraan, harapan serta bersikap proaktif. Terdapat Plus minus pembelajaran daring dan strategi belajar daring.
 
Belajar itu akan tidak menarik kalau yang dipelajari terlalu mudah, tetapi pada saat yang sama, belajar tidak akan terjadi kalau yang mau dipelajari terlalu sulit, maka dosen harus mengatur supaya materi belajar serta tuntutan itu tepat dan maahasiswa juga tahu diri tidak memakai sistem kebut semalam (sks), masing-masing mengukur diri sendiri. Jangan sampai belajar itu menyiksa karena anda terlalu tidak tahu diri, pelajarilah sedikit demi sedikit, rutin tetapi dalam kesempatan sedikit itu anda bahagia karena berhasil mempelajari itu. Terus maju perlahan – lahan tetapi rutin.
 
Be What You Are? Kenali diri sendiri dengan serius, cari alasan untuk penuh semangat dan gairah, jangan terlalu peduli dengan komentar negatif orang lain, dan carilah, bentuklah komunitas yang produktif.
 
Webinar ini dihadiri oleh peserta APTIK, Perguruan Tinggi Nasional, peserta dari sekolah, dengan jumlah peserta lebih dari 935 orang.