Detil Berita

Tim PKM Unika Musi Charitas Ajak Ibu-ibu WK Paroki Santo Petrus Palembang Membangun Kemandirian Anak dan Perekonomian Keluarga di Masa Pandemi Covid-19

  • by: Humas Unika Musi Charitas
  • 22 March 2021

Pandemi covid-19 yang melanda dunia sejak akhir tahun 2019 lalu membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Berbagai perubahan membuat kita harus menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Perubahan yang dirasakan cukup membawa banyak pengaruh adalah perubahan pola belajar siswa sekolah yang mengarah pada pembelajaran mandiri di rumah dengan pendampingan guru secara daring (online).
Pembelajaran online pada akhirnya menjadikan orang tua turut ambil peran dalam proses belajar anak-anaknya.
Dalam hal ini tentunya tugas seorang ibu menjadi bertambah. Selain mengurus rumah tangga, para ibu harus turut mendampingi proses belajar anak yang dalam batasan usia tertentu membutuhkan lebih banyak bantuan, dan ditambah lagi dengan menyiapkan kebutuhan pangan yang memadai untuk keluarga. Satu hal yang menjadi kekhawatiran adalah pendampingan belajar online oleh orang tua berpotensi melahirkan sifat ketergantungan yang tinggi dari anak terhadap orang tua. Menyadari hal tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Universitas Katolik Musi Charitas memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu Wanita Katolik (WK) Paroki Santo Petrus Palembang dengan tema Kemandirian Anak dan Upaya Peningkatan Perekonomian Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. Tim yang terdiri dari para dosen yaitu: Johan Gunady Ony, S.E., M.Si., Rm. Agustinus Riyanto, SCJ., M.A., Br. Ignatius Heri Satrya.W, Drs., SCJ, M. M., PGCE., Lina, S.E., M.Si, Maria Josephine Tyra, S.E., M.Si, dan ditambah mahasiswa program studi Psikologi Maria Ignasia Galuh Parwati, memberikan penyuluhan tersebut pada hari Minggu, 21 Maret 2021 di pendopo Paroki Santo Petrus Palembang.
 


 
Acara berlangsung mulai pukul 15.00, diawali dengan doa pembuka dan perkenalan tim kepada ibu-ibu WK. Materi membangun kemandirian Anak dibawakan oleh Rm. Agustinus Riyanto, SCJ., MA. Pada kesempatan ini ibu-ibu WK mendapat edukasi terkait pola asuh anak yang tepat agar tetap menjadi pribadi yang mandiri walaupun saat pandemi ini banyak mendapatkan bantuan dan pendampingan dari orang tua dalam proses belajarnya. Terkait membangun perekonomian keluarga, Tim PKM memberikan pelatihan membuat minuman herbal peach gum. Peach gum merupakan minuman herbal dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan baik bagi kesehatan tubuh.
 


 
Melalui pelatihan yang pimpin oleh Johan Gunady Ony, S.E., M.Si. ini diharapkan ibu-ibu WK mendapat pengetahuan tambahan tentang peach gum dan kandungan nutrisi sehat pada bahan-bahannya yang juga dapat dijadikan ide bisnis untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Diakhir sesi diskusi tentang perhitungan harga jual ideal, ibu-ibu WK turut mencicipi minuman herbal peach gum hasil pelatihan tadi. Semoga melalui kegiatan ini ibu-ibu WK lebih terampil dalam mendampingi dan membangun sifat mandiri putra-putrinya serta mendapat inspirasi ide bisnis untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga di masa pandemi covid-19 ini.