Detil Berita

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Bisnis dan Akuntansi menjadi pemateri dalam Pendampingan Program Zahir Bagi UMKM di Kota Palembang

  • by: Humas Unika Musi Charitas
  • 10 December 2021

Kegiatan pendampingan program zahir bagi UMKM di kota Palembang, dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 2 Desember 2021. Kegiatan ini mengambil tempat di CV. Media Solution Palembang. Kegiatan pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi SDM berkualitas di bidang pencatatan keuangan dasar. Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh pelaku UMKM adalah pengelolaan dana. Pengelolaan dana yang baik merupakan faktor kunci yang menentukan keberhasilan atau kegagalan UMKM. Oleh sebab itu, pelatihan ini menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting bagi UMKM. Secara khusus, mempelajari penggunaan aplikasi Zahir yang lebih efisien untuk mengelola dana adalah hal yang sangat penting di era digital ini.
 
Kegiatan pendampingan ini dihadiri oleh 6 (enam) orang yang merupakan pelaku UMKM. Setelah mengikuti kegiatan pendampingan ini, semua peserta diharapkan mampu menggunakan program Zahir dengan tepat dan benar. Acara diawali dengan pembukaan berupa kata sambutan dari pihak CV Media Solution Palembang yang diwakilkan oleh bapak Muhammad Arsy selaku pimpinan perusahaan. Pihak perusahaan menyambut baik kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sedang dilaksanakan dan mengharapkan partisipasi aktif dari peserta selama mengikuti kegiatan Pendampingan Program Zahir Bagi UMKM di Kota Palembang tersebut. Setelah pembukaan dari pihak mitra, acara selanjutnya adalah kata sambutan dan perkenalan dari tim PKM Universitas Katolik Musi Charitas yang diketuai oleh Ibu Novita Febriany dan anggota tim lain, yaitu: Ibu Desy Lesmana, Ibu Delfi Panjaitan, dan Ibu Mutiara Maimunah. Anggota tim pengabdian ini terdiri dari 4 orang Dosen Prodi Akuntansi yang dibantu oleh 2 orang mahasiswa.
 


 
Kegiatan pembekalan diawali dengan pemaparan materi mengenai penyusunan laporan keuangan dasar berbasis aplikasi Zahir oleh Tim Dosen UKMC untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada para peserta. Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan praktek menyusun laporan keuangan menggunakan aplikasi Zahir secara manual sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah dijelaskan sebelumnya. Selama kegiatan berlangsung, para peserta mengikuti kegiatan dengan sangat antusias dan aktif, dengan mencatat dan mengajukan pertanyaan.
 
Acara ditutup oleh pihak CV Media Solution Palembang yang diwakili oleh Bapak Muhammad Arsy selaku pimpinan perusahaan. Beliau mengucapkan terima kasih kepada segenap Tim PKM dari UKMC dan berharap materi yang diberikan kepada peserta dapat berguna. Beliau juga berharap kegiatan ini dapat juga dilanjutkan dengan pelatihan- pelatihan yang bermanfaat lainnya di masa yang akan datang.