Detil Berita

Seminar dan Pelatihan: Pembelajaran Menyenangkan dan Inspiratif Melalui Mendongeng

  • by: Master Web
  • 30 August 2017

Sebagai seorang tenaga pendidik, seorang guru tidak hanya dituntut menguasai materi yang diajarkan tetapi juga memiliki pengetahuan penunjang dan kreatif dalam penyampaian materi. Penyampaian materi yang monoton akan berpengaruh terhadap minat peserta didik untuk terlibat dalam proses pembelajaran. Menyadari hal tersebut, maka program studi Pendidikan Guru SD Unika Musi Charitas menyelenggarakan seminar dan pelatihan dengan tema Pembelajaran Menyenangkan dan Inspiratif Melalui Mendongeng pada tanggal 1 dan 3 Oktober 2016 lalu. Teknik mendongeng dipandang sebagai salah satu teknik pembelajaran yang cukup efektif untuk menumbuhkan minat belajar dan memudahkan para peserta didik memahami materi yang dipelajari.

 

Seminar diselenggarakan pada hari Sabtu, 1 Oktober 2016 dan dihadiri sekitar 300 orang guru berbagai tingkat pendidikan, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP dan SMA. Seminar ini menyajikan beberapa materi yang saling berkaitan satu sama lain dan dibawakan oleh narasumber yang kompeten di bidang penddikan. Sesi pertama, para peserta mendapatkan materi mengenai pendidikan karakter yang dibawakan oleh Prof. Dr. Mulyadi Eko Purnomo, M.Pd. Selanjutnya, para peserta mempelajari teknik mendongeng melalui penampilan praktisi dunia dongeng yang sudah tidak asing lagi yaitu Bpk. Slamet Nugroho atau yang biasa dikenal dengan nama Kak Inug. Di sesi terakhir, para peserta kembali mendapatkan pengetahuan tambahan melalui seminar dengan tema “Membangun Minat Baca dan Belajar Sejak Dini Melalui Kegiatan Mendogeng”. Seminar ini dibawakan oleh Dr. Seto Mulyadi, M.Psi atau yang biasa dikenal dengan panggilan Kak Seto. Seminar dibawakan dengan kemasan yang menarik dan sarat pengetahuan mengenai metode pengajaran kreatif bagi peserta didik. Pada hari Senin, 3 Oktober 2016 acara dilanjutkan dengan pelatihan dengan tema yang sama, diikuti oleh 70 orang guru dan diberikan oleh Slamet Nugroho atau Kak Inug.

 

Dalam kegiatan pelatihan ini para peserta mendapatkan pengetahuan mengenai teknik mendongeng dalam proses belajar mengajar serta mempraktikkan penggunaan dongeng dalam menyampaikan materi pembelajaran. Melalui kegiatan seminar dan pelatihan yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru SD ini diharapkan para guru dapat menciptakan metode pembelajaran yang lebih kreatif sehingga menumbuhkan minat belajar yang tinggi di kalangan peserta didik serta membuat peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan.