Detil Berita

Puncak Selebrasi Dies Natalis ke-7 UKMC

  • by: Humas Unika Musi Charitas
  • 25 July 2022

Tujuh tahun merupakan usia yang relatif muda bagi sebuah Universitas, tak terkecuali bagi Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC) yang pada 25 Juli 2022 ini merayakan Dies Natalis ke-7. Meski demikian, UKMC sudah memiliki sejarah yang lebih panjang secara khusus di kota Palembang dan Provinsi Sumatra Selatan dan sekitarnya. UKMC berdiri setelah tiga sekolah tinggi di Palembang yakni STT (Sekolah Tinggi Teknik) Musi, STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Musi, dan STIKes (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Perdhaki Charitas bersinergi dan bergabung menjadi satu Universitas Katolik Musi Charitas.
 


 
Acara puncak Dies Natalis dihadiri oleh perwakilan dari LLDIKTI Wilayah II selaku pembina universitas-universitas di wilayah tersebut, mitra-mitra UKMC, media partner, dan tentunya sivitas akademika serta perwakilan dari Ikatan Alumni UKMC. Mewakili Kepala LLDIKTI Wilayah II adalah Bapak Alwi, S.E., M.Si. Sementara itu, perwakilan dari mitra-mitra UKMC dari Kodim 0418/Palembang, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan Provinsi Sumatra Selatan, Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatra Selatan, Dinas Kesehatan Provinsi, Bank Sumsel Babel, Bank Mandiri, RS Siloam Sriwijaya, Charitas Hospital Palembang, Poltekkes Kemenkes Palembang, Universitas MDP, Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post, Percetakan Primajaya, Ikatan Dosen Katolik Indonesia (IKADKI), Ikatan Alumni UKMC, dan mitra-mitra lainnya.
 


 
Selebrasi puncak Dies Natalis dibuka dengan perayaan Misa Syukur sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Perayaan Misa dipimpin oleh Pastor Andreas Suparman, SCJ, sebagai selebran utama.
 


 
Acara kemudian dilanjutkan dengan Sidang Senat yang diawali dengan laporan Rektor oleh Bapak Dr. Antonius Singgih Setiawan, S.E., M.Si., selaku Rektor Universitas Katolik Musi Charitas. Beliau memaparkan pencapaian UKMC selama 1 tahun terakhir dan hal-hal yang masih harus ditingkatkan. Acara selanjutnya ialah Orasi Ilmiah dengan tema “Bangkit Bersama untuk UKMC Unggul” yang dibawakan oleh Ferry Doringin, Ph.D., Sekjen Ikatan Dosen Katolik Indonesia. Dalam orasi tersebut, beliau menghimbau seluruh sivitas akademika untuk memberikan perhatian yang maksimal terhadap realisasi visi dan misi universitas guna tersukseskannya layanan pendidikan tinggi bagi masyarakat.
 
Dalam kesempatan ini, Kepala LLDIKTI Wilayah II, yang diwakili oleh Bapak Bapak Alwi, S.E., M.Si. selaku Kepala Kelompok Kerja Organisasi dan Tata Laksana LLDIKTI Wilayah II memberikan sambutan, ucapan selamat, dan harapan bagi UKMC. Melengkapi kemeriahan Dies Natalis ke-7, Pastor Donatus Kusmartono, SCJ, M.Sc., selaku Ketua Yayasan Musi Palembang yang menaungi UKMC menyampaikan sambutan, ucapan selamat, dan harapan bagi UKMC ke depannya.
 


 
Menambah semarak acara Puncak Dies Natalis ke-7, kegiatan selanjutnya ialah pemberian penghargaan bagi Dosen dan Karyawan yang sudah berkarya bersama UKMC selama 10 tahun ke atas. Kemudian, acara puncak ini ditutup dengan pemotongan tumpeng Dies Natalis, yang dilakukan oleh Rektor UKMC, beserta jajaran Wakil Rektor dan Senat UKMC.