Detil Berita

Program Kuliah Kerja Lapangan PBI UKMC Tahun 2022

  • by: Unit Informasi Multimedia
  • 01 July 2022

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UKMC memiliki program khas berupa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bagi semua mahasiswa semester VI di beberapa sekolah mitra. KKL tahun ini dilaksanakan selama 5 bulan, yakni pada Februari hingga Juni 2022. Ada 3 sekolah mitra di kota Palembang yang menjadi tempat para mahasiswa menimba pengalaman administrasi dan manajemen sekolah serta melaksanakan program pemberdayaan, yakni SMA dan SMK Methodist 2 di Jl. Kolonel Atmo No. 450, serta SMA Xaverius 2 di Jl. Sukabangun 1, Km 6, Sukabangun. Para mahasiswa pun dibagi dalam 3 tim dengan harapan mereka mampu mengimplementasikan di lokasi KKL segala sesuatu yang selama ini mereka pelajari di kelas terkait administrasi dan manajemen sekolah.
 


 
Selain kegiatan partisipatif, terdapat kegiatan pemberdayaan sebagai mahkotanya, berdasarkan kebutuhan dan hasil observasi di sekolah mitra. Berbagai kegiatan ini dilaksanakan pada akhir bulan Mei 2022 oleh tiap tim bahkan ada pula program kolaboratif di ketiga sekolah tersebut. Sesuai bidang yang ditekuni, beberapa kegiatan yang dilaksanakan, entah dalam bentuk webinar atau seminar tatap muka, bertemakan pengembangan Bahasa Inggris dan jenis-jenis ketrampilannya.
 


 
Kegiatan KKl diakhiri dengan diadakannya seminar laporan akhir di hadapan pihak sekolah (guru pendamping dan Kepala Sekolah) dan pengelola prodi (dosen pendamping dan Ketua Prodi PBI). Seusai seminar, Ibu Anastasia Ronauli Hasibuan, M.Pd. (Kaprodi PBI) melakukan penarikan mahasiswa dari masing-masing sekolah. Penarikan di SMK Methodist 2 dilakukan pada Kamis, 16 Juni 2022 dan dihadiri Pdt. Eron Pontoh, S.Th., M.A. selaku Kepala Sekolah. Seminggu kemudian, pada Kamis, 23 Juni 2022, penarikan di SMA Methodist 2 oleh Prodi dihadiri oleh Kepala Sekolah Ibu Ruth Niari, S.Pd., M.Si. Tim terakhir ditarik dari SMA Xaverius 2 pada hari Jumat, 24 Juni 2022 dan pihak sekolah diwakili oleh Ibu Nyimas Heni, S.Pd.
 


 
(Tim KKL PBI 2022)