Detil Berita

PKM Prodi Sistem Informasi – Pelatihan Penggunaan E-Panjo Untuk Kemudahan Pengelolaan Informasi Di Panti Jompo

  • by: Humas Unika Musi Charitas
  • 12 October 2022

Pada tanggal 05 Oktober 2022 yang lalu, tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Musi Charitas Program Studi Sistem Informasi mengadakan pelatihan pengelolaan informasi panti jompo dengan menggunakan aplikasi ePanjo. Pelatihan ini diadakan di Panti Werdha Dharma Bakti yang beralamat di KM.7 Palembang.
 


 
Kegiatan yang diketuai oleh Arif Aliyanto, M.Kom dan dianggotai oleh Stefanus Setyo Wibagso, S.Kom., M.Kom., Andri Wijaya, S.Kom., M.T.I, Sri Andayani, S.Kom., M.Kom., dan Maria Bellaniar, S.Kom., M.Eng. bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam bentuk pelatihan teknis tentang bagaimana mengelola informasi dengan menggunakan aplikasi berbasis komputer. Aplikasi ePanjo sendiri merupakan aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh salah satu dosen Program Studi Sistem Informasi yaitu Bapak Stefanus Setyo Wibagso, S.Kom., M.Kom..
 


 
Aplikasi ePanjo merupakan hasil dari penelitian yang telah dilakukan selama beberapa waktu dengan tujuan untuk mencari solusi terbaik dalam pengelolaan informasi yang ada pada panti jompo.
Fitur-fitur yang tersedia dari aplikasi tersebut diantaranya berguna untuk mengelola data penghuni, lansia, karyawan, kunjungan keluarga, donatur, sumbangan (barang & uang), iuran bulanan, menu makanan, mutasi lansia, sampai dengan informasi tindakan keperawatan lansia.

Dalam kesempatan itu juga, secara simbolis dilakukan penyerahan aplikasi ePanjo kepada pimpinan panti werdha Dharma Bakti yaitu kepada Sr. Melani FCH. Melalui kegiatan ini, diharapkan kegiatan PKM yang dilakukan oleh tim program studi sistem informasi dapat berkontribusi di dalam memberi kemudahan bagi pengelola panti untuk mengelola informasi yang terjadi di dalam panti.