Detil Berita

Pemilihan Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa UKMC Digelar Secara Online

  • by: KKA
  • 22 November 2020

Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) BEM UKMC kembali menggelar Pemilihan Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa pada tahun ini. Pemilihan Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa ini digelar pada tanggal 1 Oktober – 21 November 2020 dengan tema “Demokrasi Mahasiswa Wujudkan Nilai CHAMPION” dan dengan berbagai rangkaian acara yang sudah dirancang untuk menyukseskan Pemilihan Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa. Untuk pertama kalinya kegiatan ini diselenggarakan secara online dengan pertimbangan kondisi pandemi covid-19. Pemilihan Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa ditayangkan secara LIVE STREAMING melalui Channel Youtube UKMC TV, Zoom, dan Live Instagram.
 

Terdapat beberapa agenda KPUM BEM UKMC yaitu, pada tangal 1 Oktober – 1 November 2020 KPUM BEM UKMC membuka pendaftaran Calon Presiden Mahasiswa dan Calon Wakil Presiden Mahasiswa, hingga ada dua paslon yang mendaftar, yaitu Octavianus Calvin dengan Chainesia Natalia dan Vhrisky Pratama dengan Ardin . Pada tanggal 2 November 2020 ada seleksi administrasi dan wawancara kedua paslon. Kemudian pada tanggal 4 November 2020 diadakan pengambilan nomor paslon dan pengarahan tentang agenda – agenda selanjutnya, dimana Octavianus Calvin dan Chainesia Natalia menjadi paslon no. urut 1 sedangkan Vhrisky Pratama dan Ardin menjadi paslon no. urut 2. Pada tanggal 7- 11 November 2020 adalah masa kampanye dan video challenge, bentuk kampanye berupa video yang diupload pada masing – masing Instagram setiap paslon. Kemudian pada tanggal 13 November 2020 telah dilaksanakan Debat Presiden dan Wakil Presiden dengan tema “Peran Badan Eksekutif Mahasiswa dalam Mengoptimalkan Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Katolik Musi Charitas” yang dihadiri oleh 3 panelis yaitu Romo Anselmus Inharjanto. Scj. M.Phil, Ibu Ria Triayomi, M.Pd, dan Bapak Mathius Syafrianto, S.E. Pada tanggal 18 – 21 November 2020 seluruh mahasiswa/i aktif UKMC menggunakan hak suaranya untuk memilih Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa pilihan mereka. Seluruh mahasiswa/i aktif UKMC akan memilih melalui google formulir yang telah disediakan panitia.

 

Selanjutnya yaitu penghitungan suara dan pengumuman pemenang Presiden dan Wakil Presiden BEMU 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 21 November 2020. Meskipun diselenggarakan secara online, minat mahasiswa/i aktif UKMC untuk memilih masih tergolong banyak, terbukti bahwa total suara yang memilih adalah sebanyak 817 suara. Perhitungan suara yang memilih paslon No Urut 1 sebanyak 445 suara dengan persentase 54% dan yang memilih paslon No Urut 2 sebanyak 367 suara dengan persentase 45% serta ada 5 suara tidak sah. Maka Presiden dan Wakil Presiden BEMU 2021 yang terpilih adalah Octavianus Calvin sebagai Presiden Mahasiswa dengan Chainesia Natalia sebagai Wakil Presiden Mahasiswa. Selamat berdinamika, berproses tanpa batas, berproses dengan cerita dan tantangan yang baru serta semoga dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab kedepannya. -Panitia KPUM BEMU 2020
 

Dokumentasi