Detil Berita

Pelatihan Jurnalistik Siswa SMP: Perangi Hoaks

  • by: Humas Unika Musi Charitas
  • 06 March 2023

Sebuah hoaks adalah sebuah informasi yang tidak benar yang disebarkan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin dan biasanya dibuat dengan cara yang sensasional. Hoaks ini mudah ditemukan di media sosial seperti chat grup di aplikasi WhatsApp dan Instagram. Dampak dari hoaks adalah dapat menimbulkan kebingungan pada masyarakat, memicu konflik dan perselisihan, serta dapat mencemarkan nama baik sebuah organisasi atau kelompok tertentu.
 
Untuk mengatasi masalah hoaks tersebut, SMP Xaverius 7 mengadakan pelatihan kepemimpinan untuk calon siswa OSIS dengan bekerja sama dengan tim pengabdian Unika Musi Charitas. Tim pengabdian dipimpin oleh Hendrik Ferry Herdiatmoko, seorang dosen Informatika, dan anggota lainnya yaitu Diana Putri Arini dan Anselmus Agung Pramudito yang merupakan dosen bidang Psikologi.
 
Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 24 Februari 2023 dari jam 10.15 hingga 11.00. Dalam kerjasama antara psikologi dan informatika, pelatihan jurnalistik diadakan untuk memerangi hoaks. Pelatihan juga melibatkan mahasiswa informatika, Priambodo, dan tiga mahasiswa psikologi yaitu Devilia Darmawan, Helen Agatha, dan Melisha Margareta. Selama pelatihan, siswa SMP Xaverius 7 tampak aktif dan memperhatikan dampak dari hoaks, setelah materi diberikan, siswa dilatih untuk menulis berita jurnalistik sederhana dengan menggunakan prinsip 5W+1H. Salah satu siswa, Joice Margaretha, mengatakan senang dengan kegiatan ini karena dapat belajar materi jurnalistik dan cara penyampaian materi yang baik.
 
(Humas UKMC)