Detil Berita

Misa Pembukaan Tahun Akademik

  • by: Master Web
  • 14 October 2020

Sabtu, 12 September 2020 pada pukul 10.00 WIB berlokasi di gedung Antonius, Fakultas Ilmu Kesehatan, telah terselenggara Misa Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2020-2021. Perayaan Ekaristi ini bertujuan untuk mengucap syukur atas pembukaan awal tahun akademik baru bagi civitas academica Unika Musi Charitas.
Selain itu, inilah kesempatan memohon rahmat berlimpah bagi perjalanan akademik khususnya di tengah masa pandemi Covid-19.

Misa pembukaan awal tahun ajaran merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Campus Ministry UKMC. Tahun ini terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, terutama karena situasi krisis global karena pandemi. Oleh karena itu, misa dilaksanakan secara sederhana dan mematuhi protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu, penggunaan hand sanitizer, memakai masker, dantempat duduk berjarak sekitar 1,5 meter. Umat yang menghadiri misa pun dibatasi menyesuaikan luas ruangan. Undangan ditujukan kepada perwakilan Yayasan, Rektorat, Dekanat, Kaprodi, BEM Universitas/Fakultas dan Himaprodi.

 

 

Perayaan Ekaristi dipimpin oleh RP. Anselmus Inharjanto SCJ, didampingi oleh RP. F.X. Budi Haryono SCJ, RD. Emmanuel Gunadi, dan RP. Agustinus Riyanto SCJ.Diawali dengan lagu “Dengan Gembira”, semua diajak untuk bersukacita atas undangan Ekaristi hari ini. Dalam kotbah singkat, RP. Inharjanto SCJ atau biasa
dipanggil Rm. Een, menggarisbawahi bahwa kita sebagai keluarga UKMC mesti memiliki semangat melayani dan berbagi suka cita. Beliau memberi contoh ilustrasi aplikasi Tiktok. “Belajarlah dari Tiktok. Walaupun hanya video berdurasi 15 detik misalnya, dapat tersampaikan makna dan sukacita yang begitu besarnya. Dan joy itu di-share,” ujarnya. Dari ilustrasi tersebut tercermin adanya pengharapan besar
bahwa keluarga UKMC mampu mengawali perjalanan tahun akademik dengan penuh semangat dan terus berbagi sukacita. Pandemi bukanlah penghalang melainkan wadah untuk berbagi sukacita.

Setelah misa, kegiatan dilanjutkan dengan makan siang bagi semua yang hadir berwujud nasi kotak demi mengindahkan protokol kesehatan. Undangan yang hadir dipersilakan mengatur sendiri tempat untuk makan dan boleh meninggalkan lokasi dengan penuh sukacita dan harapan baru. Semoga dengan diawali misa, pada
tahun akademik baru ini, civitas academica UKMC semakin bersemangat dan dilindungi segala karyanya oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Pengurus Harian CM UKMC