Detil Berita

Mahasiswa Unika Musi Charitas Sosialisasikan Pentingnya Kesehatan Gigi di TK Arimbi Palembang

  • by: Humas Unika Musi Charitas
  • 06 March 2024

Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) memiliki peran penting dalam memberikan fondasi pendidikan formal bagi anak usia dini. TK, sebagai bagian dari jalur pendidikan formal, menawarkan program pendidikan untuk anak usia 4-6 tahun, periode keemasan di mana anak memiliki daya serap yang luar biasa terhadap stimulasi perkembangan mereka. Lima aspek perkembangan anak pada usia ini perlu dioptimalkan untuk mendukung perkembangan mereka secara menyeluruh.
 
Untuk mengatasi beberapa permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini, mahasiswa Universitas Katolik Musi Charitas (Unika Musi Charitas) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam program AYO projek 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2024, di TK Arimbi Palembang, sebuah institusi pendidikan TK swasta yang beralamat di Jl. Ra Abusama No.2244, Kota Palembang.
 

 
Kegiatan pengabdian ini dipimpin oleh mahasiswa Bima Anjar Kusuma, Diah Ayu Wulandari, Gisca Renata, Yolanda Nawang Putri, dan Roulin Friska Ambarita, dengan bimbingan dari kakak pendamping Adellia Nur’asyah dan dosen pendamping Lilik Pranata, S.Kep., Ns., M.Kes. Guru TK Arimbi, Ibu Oktya Warimbi, juga turut serta dalam mendukung kegiatan ini.
 
Acara dimulai dengan game kecil untuk menarik perhatian siswa, dilanjutkan dengan edukasi melalui metode video dan ceramah. Setelah itu, siswa diajak untuk melakukan simulasi cara menggosok gigi yang benar, yang kemudian dievaluasi oleh mahasiswa. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman anak-anak tentang kesehatan gigi dan membentuk kebiasaan merawat gigi yang baik hingga dewasa, serta mengurangi risiko sakit gigi dan masalah kesehatan gigi lainnya.