Detil Berita

KKL PBI: Speech Competition di SMK Methodist 2 Palembang

  • by: Humas Unika Musi Charitas
  • 04 June 2021

Bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) di Unika Musi Charitas, semester VI merupakan saat untuk melaksanakan Program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di sekolah mitra. Salah satu mahasiswa semester VI, Steven Marcellio, melaksanakan program pemberdayaan dalam rangka KKL berbentuk Speech Competition (perlombaan pidato). Program pemberdayaan ini dilaksanakan di SMK Methodist 2 yang terletak di Jl. Kolonel Atmo No. 450, Ilir Timur 2, Palembang.
 
Siswa-siswi yang menjadi target dalam perlombaan ini adalah para siswa-siswi yang berasal dari kelas X dan sudah diseleksi terlebih dahulu oleh guru Bahasa Inggris di sekolah SMK Methodist 2 Palembang.
Melalui Speech Competition ini diharapkan dapat melahirkan siswa-siswi baru yang nantinya dapat diikutsertakan dalam perlombaan bidang Bahasa Inggris di luar sekolah.
 
Pelaksanaan lomba dimulai pada hari Senin, 3 Mei 2021 dan selesai pada hari Minggu, 9 Mei 2021. Dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang sedang melanda, perlombaan diadakan secara online. Perlombaan dimulai dengan para peserta lomba memilih salah satu judul cerita yang akan diceritakan dan dibuat dalam bentuk rekaman video. Setelah melakukan perekaman video, para peserta mengupload video tersebut ke Google Drive masing-masing.
 
Setelah dilakukan penilaian maka juri memutuskan bahwa pemenang lomba adalah :
 

Merry, kelas X BMP (Juara I)

Merry, kelas X BMP (Juara I)

 

Benhart Hasiholan, Kelas X BMP (Juara II)

Benhart Hasiholan, Kelas X BMP (Juara II)

 

Jeremy Allegrato Hartono, Kelas X TKJ 1(Juara III)

Jeremy Allegrato Hartono, Kelas X TKJ 1(Juara III)

 

Para pemenang pun diminta datang ke sekolah dan mengambil hadiah berupa piala, sertifikat, dan uang pembinaan. Kendati tidak mendapat juara, seluruh peserta lomba yang berpartisipasi tetap diberikan sertifikat sebagai bentuk apresiasi dan motivasi agar tetap semangat.
 
Sebagai tindak lanjut, para pemenang tetap diarahkan dan dibimbing untuk mengasah lagi kemampuan mereka dan didorong untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan perlombaan Bahasa Inggris yang dapat membanggakan sekolah. Harapan dari pihak SMK Methodist 2 Palembang, semoga program ini juga dapat menguatkan kerja sama antara pihak sekolah dan UKMC.