Detil Berita

KKL PBI: Mengembangkan Storytelling di SMA Yayasan Pendidikan Islam Tunas Bangsa Palembang

  • by: Unit Informasi Multimedia
  • 10 June 2021

Storytelling merupakan kegiatan menuturkan kembali sebuah cerita, kisah atau dongeng di hadapan pendengar. Melalui storytelling, kemampuan berbicara dan rasa percaya diri terutama dalam berbahasa Inggris dapat ditingkatkan. Pengembangan storytelling menjadi pilihan kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakan oleh salah satu mahasiswa semester VI Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Unika Musi Charitas, Tiara Putri Adelea. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Tunas Bangsa Palembang, berlokasi di Jl. Resident H. Abdul Rozak 8 Ilir Palembang.
 


 
Program yang dipersiapkan selama seminggu tersebut terlaksana pada Sabtu, 8 Mei 2021 secara online melalui media google meet. Sasaran utama kegiatan pelatihan ini adalah anggota organisasi English Club di sekolah mitra. Pelatihan melibatkan dosen dan mahasiswa prodi PBI sebagai narasumber dan yang berpartisipasi adalah anggota dan koordinator English Club dari SMA Yayasan Pendidikan Islam Tunas Bangsa sebagai mitra kerja sama. Pembicara pertama dalam pelatihan ini, Rm. Anselmus Inharjanto SCJ, memaparkan beberapa hal penting terkait prinsip storytelling.
 


 
Kemudian, dua mahasiswa aktif PBI yaitu Melphi F. Junita Gultom (semester 8) dan Vhrisky (semester 6) berbagi pengalaman dan tips saat tampil dalam perlombaan storytelling. Ternyata, pandemi tidak menyurutkan niat peserta didik untuk mengolah ilmu dan berlatih, terutama dalam bidang storytelling. Terima kasih SMA YPI Tunas Bangsa yang telah berkenan menjadi mitra KKL PBI.