Detil Berita

KKL Mahasiswa PBI di SMK Swakarya Palembang

  • by: Unit Informasi Multimedia
  • 08 June 2021

Situasi pandemi global mendorong pendidikan di Indonesia untuk semakin mewujudkan Kampus Merdeka – Merdeka Belajar. Program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) tematik Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) di Unika Musi Charitas pada tahun akademik ini memberikan kebebasan kepada mahasiswa semester VI untuk menentukan mitra instansi pendidikan sebagai lokasi KKL.
Mata kuliah KKL ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman di bidang administrasi dan sistem pengelolaan sekolah. Selain itu, diharapkan para mahasiswa mengadakan program pemberdayaan bersama mitra. Pada hari Sabtu, 13 Maret 2021, para mahasiswa diserahkan oleh Prodi PBI ke pihak sekolah untuk memulai kegiatan KKL. Kegiatan KKL berlangsung selama tiga bulan, yakni pada bulan Maret hingga Juni 2021. Karena keadaan pandemi, proses pembelajaran dilakukan secara daring, namun mahasiswa KKL tetap datang ke lokasi sekolah secara langsung dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.
 


 
Dua mahasiswi PBI, Devitha Adelia Aninda Putri dan Siska, memilih SMK Swakarya yang beralamatkan di Jl. Sosial No.472, Ario Kemuning, Kecamatan Kemuning, Kota Palembang sebagai mitra dalam menjalankan program KKL.
 


Sebagai program pemberdayaan yang ditawarkan berdasarkan kebutuhan mitra, dua mahasiswi ini memilih kegiatan webinar dan perlombaan Program pertama “Be a Confident Public Speaker” dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Mei 2021 dengan narasumber Yohanes Maria Restu Dian R., M.Hum. yang merupakan salah satu dosen Prodi PBI, Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan di Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC). Program ini merupakan kegiatan webinar online yang dilaksanakan via Zoom meeting.
 


 
Webinar ini diikuti oleh 16 orang siswa SMK Swakarya Palembang. Program kedua yakni “Online English Story Telling Competition” yang dilaksanakan pada tanggal 7 – 12 Mei 2021. Peserta lomba yang terlibat dibantu untuk terus berlatih sehingga lomba ini dapat menjadi medium saat mereka berkompetisi di luar sekolah. Diharapkan program pemberdayaan ini dapat membangun kepercayan diri siswa-siswi SMK Swakarya untuk berani berbicara Bahasa Inggris di depan umum.