Detil Berita

Kegiatan PKM Kolaborasi Dosen Prodi Sistem Informasi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unika Musi Charitas

  • by: Unit Informasi Multimedia
  • 16 April 2021

Pelatihan membuat bahan ajar Video Tutorial sebagai media interaktif bersama guru YPAC, merupakan tidak lanjut dari pelatihan sebelumnya sistem pembelajaran daring. Bahan ajar berbasis audio visual ( video ) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang efektif dan dapat membantu meningkatkan minat dan pemahamaan belajar siswa menghasilkan bahan ajar yang dibutuhkan software pendudkung salah satunya adalah ”windows movie maker”.
 
Software ini merupakan aplikasi yang sangat mudah dipahami serta efektif dalam membuat bahan ajar. windows movie maker 2012 adalah software editing video gratis dari microsoft yang mendukung versi dari system operasi berbasis windows seperti 7, 8 dan 10.
 
Sehubungan dengan hal tersebut, tim dosen Prodi Sistem Informasi dan dosen Pendidikan Guru SD, Unika Musi Charitas, yang terdiri dari Pak Stefanus Setyo Wibagso, S.Kom.,M.Kom, Ria Triayomi, S.Pd., M.Pd., Sukarman, S.Ag., M.Pd. Rm. Ignasius Putera Setiahati, S.Ag., M.Sc, Masayu Jamilah, S.Kom.M.Kom,telah bekerjasama memberikan pelatihan Membuat Bahan Ajar Video Tutorial Sebagai Media pembelajaran Interaktif kepada Guru-guru di Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Palembang. Pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam membuat model pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan kebutuhan anak-anak yang berkebutuhan khusus.
 


 
Kegiatan pelatihan diselenggarakan pada tanggal 5 April 2021 bertempat di Aula pertemuan YPAC Palembang. Tema pelatihan yang diselengarakan adalah”Pelatihan membuat Bahan Ajar Video Tutorial Sebagai Media pembelajaran Interaktif”. Pelatihan diikuti oleh para Guru YPAC Palembang. Kegiatan pelatihan dilaksanakan secara luring di aula terbuka YPAC dengan tetap mengikuti protokol kesehatan untuk menjamin kesehatan bersama.
 
Pelatihan diawali dengan penyampaian materi sebagai pengantar dan dan dilanjutkan dengan praktek langsung. Semua peserta engikuti degan sarana Laptop dan HP Android yang mereka miliki. Peserta diberi program untuk diinstallkan di Laptopnaya masing-masing peserta. Peserta kemudian menginstal “ program windows movie maker 2012”, sebagai dasar pembuatan video pembelajaran yang dipakai dalam pelatihan ini. Setelah menginstal semua mengikuti penjelasn dan petunjuk untuk dapat mulai mempraktekkan di Laptopnya masing-masing.
 


 
Peserta mulai melakukan pembuatan video sesuai dengan petunjuk. Mereka langsung praktek membuat media pembelajaran sampai berhasil menjadi video yang siap ditonton atau ditayangkan untuk dilihat dan dinikmati bersama para guru dan para murid. Media ini dapat dikembangkan sekreatif dan seinovatif mungkin bersama rekan guru dan para siswa.
 
Rencana tindak lanjut dari pelatihan ini adalah para guru mengembangkan bersama para murid sampai pada hasil membuat video sendiri dalam pembelajran. Rencana tindak lanjut lain adaalah membuat pelatihan untuk pengembangan model-model kreatif yang akan mendukung kegiatan ekstrakurikuler untuk anak dalam pengembangan program kreatif yang berbasis online.