Detil Berita

IUMC 2017: Muda Menginspirasi, Muda Beraksi

  • by: Master Web
  • 02 September 2017

Universitas Katolik Musi Charitas menyambut mahasiswa baru 2017 dengan serangkaian kegiatan Inisiasi Universitas Katolik Musi Charitas (IUMC) pada tanggal 28-31 Agustus 2017. “Muda menginspirasi, Muda Beraksi” menjadi tema IUMC tahun ini. Melalui tema itu, para mahasiswa baru diharapkan tidak hanya menjadikan kesempatan IUMC sebagai kesempatan untuk mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan dan budaya UKMC tetapi juga menjadi kesempatan untuk menyadari dan menegaskan dirinya sebagai generasi muda, penerus bangsa yang siap menginspirasi dalam aksi nyata di tengah masyarakat. Petrus Murwanto SCJ.,M.Hum, Wakil Rektor III, mengajak para mahasiswa baru untuk bersyukur atas kesempatan menjadi mahasiswa di tengah banyak orang yang belum atau bahkan tidak bisa mengenyam pendidikan tinggi. “Kami berharap kalian sungguh sadar dan tahu akan status atau indentitas baru kalian sebagai mahasiswa. Ada harapan dan tanggung jawab yang lebih besar yang dipercayakan pada kalian; ide-ide, kreatifitas-inovasi, karya nyata, sikap dan perilaku yang baik. Status baru ini juga mesti disertai dengan perubahan mentalitas baru, tidak lagi bermental “imbas-imbis”, banyak mengeluh dan bermalas-malasan melainkan harus bermental juara, banyak inisiatif, mempunyai keuletan dan daya juang yang tinggi”, ujarnya dalam kata sambutan upacara pembukaan IUMC.

 

Pada hari pertama IUMC, panitia menghadirkan Kol. Inf. Suko Basuki, pejabat Inspektorat Kodam (Irdam) II / Sriwijaya untuk memberikan kuliah umum wawasan kebangsaan dengan topik “Urgensi Perguruan Tinggi dalam Bela Negara”. Dalam paparannya, Suko Basuki menyampaikan situasi global yang berpotensi menjadi persoalan sekaligus tantangan bagi para generasi muda. Populasi dunia yang meningkat melebihi ketersediaan energi dan sumber daya alam menjadi tantangan setiap bangsa untuk mengelola bangsa dan negara dengan baik. Indonesia adalah negara yang kaya sumber daya alam. Untuk menjaga dan memelihara sumber daya tersebut dibutuhkan persatuan setiap warga negara. Ia menegaskan bahwa generasi muda saat ini tidak boleh hanya menjadi penikmat kemerdekaan melainkan harus mengisi kemerdekaan secara bertanggung jawab. Negara tidak boleh pecah oleh karena agama. Pancasila adalah dasar negara yang sudah final maka juga sungguh harus menjadi dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Selain kuliah umum, para mahasiswa baru juga diperkenalkan dengan visi misi universitas, core values CHAMPION (Charity, Humanity, Altruism, Managerial Capacity, Persistent, Integrity, Open Minded, Novelty), struktur organisasi universitas, pengenalan fakultas dan program studi.

IUMC 2017 juga menyelenggarakan ekspo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Setiap UKM menampilkan bakat minatnya serta prestasi-prestasi yang telah dicapainya. Pengenalan UKM dimaksudkan untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa baru akan ruang pengembangan diri yang tidak terbatas pada aktifitas pembelajaran di kelas. Kegiatan IUMC diakhiri dengan malam inagurasi. Rangkaian acara inagurasi diisi dengan berbagai macam pentas seni dari para mahasiswa baru dan panitia IUMC 2017.

iumc-2017

 
21224055_1445395648860387_9168667377708040192_n

 
1504276610791