Detil Berita

Integrity Weekend 2021 (9 Juni 2021)

  • by: KKA
  • 15 June 2021

Integrity Weekend 2021 salah satu program character building yang bersifat wajib bagi mahasiswa-mahasiswi Unika Musi Charitas angkatan 2019. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa/i mampu memahami, menghayati, dan mengimplementasikan budaya: Charity, Humanity, Altruism, Managerial Capacity, Persistent, Integrity, Open Minded, dan Novelty (CHAMPION) selama berproses di Unika Musi Charitas.
 
Tema Integrity Weekend 2021 adalah “Menghidupi Habitus Baru”. Latar belakang pemilihan tema tersebut adalah sebuah harapan besar bagi para peserta yang mengikuti kegiatan IW agar mampu memahami dan menghidupi keberadaannya. Mengapa harus “habitus baru”? dikarenakan mahasiswa saat ini sedang mengahadapi situasi pandemi covid-19 dan proses kehidupan bersama mengalami kesulitan, maka dari itu penyesuaian cara belajar ini harus bisa dijalani oleh mahasiswa dengan cara baru. Mahasiswa yang sudah menjalani selama empat semester ini perlu diberi pencerahan agar mampu menjalani proses pembelajaran dan cara hidup sesuai dengan keberadaban atau kebiasaan baru dengan lebih mendalami nilai-nilai CHAMPION.
 
Kegiatan integrity weekend 2021 ini dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2021 dari pukul 08.30 WIB sampai dengan 15.30 WIB melalui Zoom Meeting. Acara wajib bagi mahasiswa UKMC ini dihadiri 392 orang peserta, yang terdiri dari Fakultas Bisnis dan Akuntansi berjumlah 214 Orang, kemudian Fakultas Sains dan Teknologi berjumlah 39 orang, Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan berjumlah 72 Orang, Fakultas Ilmu Kesehatan berjumlah 67 orang.
 
Materi dalam Integrity Weekend 2021 ini semua berkaitan dengan nilai-nilai CHAMPION. Materi pertama diawali mengenai penjelasan tentang apa itu integrity weekend oleh RP. A. Inharjanto SCJ dan penjelasan makna dari tema IW 2021, yang dibawakan oleh Sr. M. Silviana FCh. Kemudian materi kedua tentang Penyadaran Nilai (Mutiara Champion) yang dibawakan oleh RP. Kristianto SCJ. Materi ketiga tentang Pribadi yang Terinspirasi Champion yang dibawakan oleh Bpk. Frans Sugiyana dan Br. Ignatius Heri SCJ.
 
Sebelum menjalankan acara IW ini, mahasiswa diberi tugas untuk membuat satu vidio kreatif, Tik Tok dengan menggunakan lagi themesong IW. Tugas yang harus dikerjakan oleh peserta IW merupakan salah satu syarat kepesertaan dan mempengaruhi berhasil atau tidaknya dalam menjalani IW. Jadi tujuan pembuatan tugas video/ Tik Tok ini bukan suatu perlombaan melainkan cara mengekspresikan pemahaman para peserta terhadap tema IW yang dimunculkan dalam lirik lagu tema IW (Menghidup Habitus Baru). Diantara para pengirim video mendapat apresiasi dari panitia, yaitu:

  • Favorit Banget : Afliana Likurnia S. / PGSD
  • Kreatif Banget : Cindy Kolina / Akuntansi
  • Gokil Banget : Dito Hutajulu / Psikologi
  • Asik Banget : Samuel Setiawan / Manajemen
  • Boleh Banget : Wayan Soni E. / S1 Keperawatan
  • Ngena Banget : Lamtiur Angelina L.P / DIV TLM
  •  
    Dokumentasi
     
    – Panitia Integrity Weekend 2021