Detil Berita

Career Day: UKMC ft. OT Group

  • by: Humas Unika Musi Charitas
  • 03 April 2023

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jumlah lulusan sarjana sangat banyak dan semakin meningkat setiap tahun. Akan tetapi, jumlah lapangan pekerjaan terbatas jumlahnya. Lantas, upaya apa yang dapat kita lakukan supaya bisa mendapatkan pekerjaan di dalam kondisi di mana lapangan pekerjaan terbatas? Jawabannya adalah, kita harus bisa membranding diri kita.
 
Menanggapi kondisi ini, Universitas Katolik Musi Charitas berkolaborasi dengan “Orang Tua” Group untuk memberikan pembekalan mengenai dunia kerja kepada seluruh mahasiswa, calon alumni, dan alumni Univeritas Katolik Musi Charitas yang sedang mulai mencari pekerjaan. Hal-hal yang dibahas adalah seputar bagaimana cara “mempromosikan” diri kepada perusahaan, tata cara saat melakukan wawancara (interview), cara berkomunikasi di saat wawancara, dan hal-hal lain seputar karir. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat (31/03/2023) yang diadakan secara luring atau offline bertempat di Aula Gedung Yuliana dan diikuti sebanyak 50 peserta.
 
Selain itu, kegiatan ini tak hanya untuk memberikan pembekalan saja, tetapi kegiatan tersebut merupakan mencari calon pekerja untuk perusahaan OT, jadi alumni Universitas Katolik Musi Charitas mendapatkan kesempatan secara langsung untuk mencoba menjadi pekerja di perusahaan OT. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat (31/03/2023) yang diadakan secara luring atau offline bertempat di Aula Fakultas Bisnis dan Akuntansi. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 50 Peserta alumni ukmc baik yang baru lulus atau yang belum mendapatkan pekerjaan. Selain kegiatan pembekalan, diadakan juga kegiatan Campus Hiring yang merupakan juga adalah kegiatan kolaborasi antara UKMC dan “Orang Tua” Group.
 
Kegiatan ini menghadirkan 3 pembicara, yaitu Ibu Regina Giovanny Sujadiyanto, M. Psi., Psikolog, Dosen Prodi Psikologi dan Kepala Lembaga Pelayanan Psikologi UKMC, Bapak Adisman, S.Ak., Ass. Sales Director “Orang Tua” serta alumni Fakultas Bisnis dan Akuntansi UKMC Tahun 2016, dan Bapak Fransiskus Adi, S.Si., yang juga adalah Ass. Sales Director “Orang Tua” serta alumni dari Fakultas Sains dan Teknologi UKMC tahun 2016.
 
Pada materi pertama yang di bawakan oleh Ibu Regina Giovanny Sujadiyanto M. Psi, Psikolog., beliau membawakan materi mengenai pembekalan kompetensi kerja XVI, yang dimana beliau menjelaskan sebelum mencari pekerjaan kita harus mencari terlebih dahulu apa yang dibutuhkan oleh perusahaaan, apakah itu sudah terdapat dan tersedia dalam diri kita. Kemudian kita menjual diri kita kepada perusahaan yaitu personal branding, kita sebutkan penggalaman yang sudah dilakukan, kemudian dari lulusan apa, kemudian pada saat kita interview posisi tubuh kita harus duduk dengan benar dan tegas saat interview, kemudian menjawab pertanyaan dari hrd dengan baik dan lancar, kemudian menjelaskan diri kita apa saja kemampuan kita pengalaman kita. Baik pengalaman organisasi atau pengalaman bekerja ditempat lain. Kemudian saat kita interview pakaian kita harus rapi dan pantas, kemudian jangan takut saat interview.
 
Materi selanjutnya dijelaskan oleh Bapak Adisman, S. Ak. Beliau melakukan knowledge sharing tentang bagaimana kita akan dihadapi dua pilihan yaitu berada di zona nyaman sedikit tantangan tapi dengan penghasilan yang sesuai atau dengan tantangan serta resiko yang tinggi tapi dengan penghasilan yang tinggi juga karena resiko yang tinggi. Beliau juga menekankan pentingnya memiliki goals dalam hidup dan cara untuk membuat CV yang menarik, serta pentingnya menanamkan semangat untuk tidak menyerah.
 
Materi selanjutnya dijelaskan oleh Bapak Fransiskus Adi, S.Si. beliau membagikan success story, di mana sukses itu relative jadi tiak bisa disama ratakan. Kesuksesan itu berasal dari tantangan, jadi carilah tantangan yang tinggi dengan hasil yang tinggi juga, cara menaklukukan tantangan banyak-banyak bertanya kepada teman-teman dan rekan-rekan senior kerja. Kalian harus melampaui kemampuan kalian supaya mendapat hasil yang terbaik.
 
Kegiatan diharapkan dapat memberikan bekal dan motivasi bagi para peserta terkait bagaimana mencari kerja dan mengawali karir setelah lulus dari perkuliahan.
 
 
(Humas UKMC)