Detil Berita

Asuransi: proteksi atau investasi ? – Tim Pengabdian pada Masyarakat Fakultas Bisnis dan Akuntansi

  • by: Master Web
  • 27 August 2019

Keluarga muda yang baru dibangun merupakan perencanaan masa depan.
Hidup bersama didasarkan pada komitmen untuk menghadapi tantangan-tatangan di masa depan.
Banyak kasus keluarga-keluarga muda tidak memiliki perencanaan awal saat mereka memutuskan hidup bersama. Melihat semakin banyaknya tantangan dimasa yang akan datang maka baiknya para keluarga muda dibekali dengan pengetahuan sehingga siap menghadapi tantangan dalam membangun mahligai rumah tangga. Keuskupan Agung Palembang sejak dahulu menyadari bahwa membangun keluarga juga merupakan karya keselamatan Ilahi.
Sebagai bentuk kesadaran itu Keuskupan Agung Palembang menyelenggarakan kursus persiapan pernikahan (kuperper) sebagai cara untuk mempersiapkan para pasangan muda yang akan membangun keluarga.
Harapannya setelah mengikuti kuperper para pasangan muda lebih siap dalam membangun rumah tangga.
 
Salah satu tantangan yang harus dihadapi para pasangan muda dalam membangun rumah tangga adalah mengelola keuangan keluarga.
Mengelola keuangan kadang menjadi hal yang kurang mendapat perhatian untuk dikomunikasikan pada awal pernikahan. Menyadari akan hal tersebut maka tim pengabdian pada masyarakat Fakultas Bisnis dan Akuntansi Universitas Katolik Musi Charitas melakukan edukasi bagi para pasangan muda dalam menggelola keuangan keluarga mereka. Salah satu tema yang diangkat dalam program pengabdian pada masyarakat ini adalah perihal pemilihan asuransi dan investasi.
Kadang masih banyak orang tidak bisa membedakan antara asuransi yang merupakan suatu perlindungan dengan investasi, sehingga pilihan asuransi yang diputuskan dianggap juga sebagai pilihan investasi.
 
Kuperper kali ini diikuti oleh 35 peserta bertempat di Paroki Hati Kudus Palembang pada tanggal 8 Agustus 2019. Tim Pengabdian Fakultas Bisnis dan Akuntansi terdiri dari Anastasia Sri Mendari, S.E., M.M. (NIDN: 0221126301), Suramaya Suci Kewal, S.E., M.Si. (NIDN: 0215058403), Yohanes Andri Putranto B,S.E.,M.Sc,Ak., CA (0203117701), Heriyanto, S.E., M.Sc. (0204058801), Agustinus Widyartono, S.E., M.Si. (0530067802), dan Valencia Sherly Permata (Nomor Induk Mahasiswa: 1722053).
 
Sesi pertama dalam edukasi ini adalah memberikan pemahaman tentang perbedaan antara asuransi dan investasi. Materi ini diberikan oleh tim pengabdian masyarakat yang diawali dengan memberikan pemahaman bahwa Fungsi dari asuransi adalah supaya mendapat perlindungan terhadap seseorang atau keluarganya dalam hal finansial dari resiko yang datangnya secara tiba-tiba atau tidak terduga sedangkan fungsi dari investasi adalah untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang agar daya beli yang dimiliki oleh seseorang tidak habis terkuras oleh inflasi.
 
Sesi kedua dalam edukasi ini para calon keluarga muda diminta untuk melakukan perencanaan pengelolaan keuangan mereka, disinilah bagaimana para calon suami dan istri berkomunikasi dalam merencanakan masa depan. Mereka dibimbing untuk melakukan perencanaan dalam bentuk pengelolaan keuangan baik penerimaan maupun pengeluaran yang direncanakan.