Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Informasi Kampus Menggunakan Brosur
by: Master Web
30 August 2017
04:52:23
Abstrak:
Teknologi game dan animasi terus mengalami perkembangan. Hal ini seiring dengan tuntutan kebutuhan tampilan dunia tiga dimensi dengan kualitas yang baik untuk membangun virtual world menjadi lebih real ke dalam komputer. Augmented Reality merupakan bidang penelitian komputer yang menggabungkan data komputer grafis 3D dengan dunia nyata. Semakin berkembangnya AR membuat teknologi ini banyak dicari. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, AR sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan. Inti dari AR adalah melakukan interfacing untuk menempatkan obyek virtual ke dalam dunia nyata. Para peneliti memanfaatkan bidang ini sebagai salah satu cara baru untuk meningkatkan produktifitas, efektifitas dan efisiensi serta sebagai media entertainment. AR telah banyak digunakan di dunia hiburan, pelatihan militer, medis, desain rekayasa, robotik dan telerobotik, manufaktur, pendidikan, dan lain-lain. Dengan memanfaatkan teknologi AR, informasi pada brosur yang biasa digunakan untuk memberikan informasi kepada pembaca sebenarnya dapat ditambahkan dengan bentuk informasi 3D yang ditampilkan secara virtual, sehingga kampus dapat melengkapi informasi penting yang belum termuat pada brosur. Hasil yang didapat menunjukan bahwa pembaca dapat melihat bagian brosur AR dengan detil serta lingkungan pada brosur juga akan terasa lebih hidup dengan adanya animasi pendukung seperti gedung, pohon, dan lain sebagainya. Kata Kunci : Augmented Reality, Brosur, Informasi, Android
Penulis
Latius Hermawan, Mochamad Hariadi
Publish
Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015 (SENTIKA 2015) UAJY