Mapala

UKM Pencinta Alam Unika Musi Charitas (Mapala) dulu bernama Mateksipala “Restu Bumi” awalnya didirikan tanggal 19 Oktober 1997. Mateksipala “Restu Bumi” dipelopori oleh delapan orang mahasiswa (pendaki) Fakultas Sains dan Teknologi, yaitu: Bambang Wijanarko, Jokri, Julianus Palapa L.G., Yoseph Eduard Langotukan, Daniel Sitorus, M. Salani, (Alm.) Tri Widiantoro, dan Juro Harun. Nama “Restu Bumi” bermakna pengharapan agar anggota UKM senantiasa dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam misinya untuk memelihara alam. Kegiatan UKM Pencinta Alam merupakan kegiatan mahasiswa/i Universitas Katolik Musi Charitas yang diperuntukkan untuk mahasiswa/i yang memiliki bakat dan minat terkait pelestarian (konservasi) alam. Setelah Sekolah Tinggi Teknik Musi bergabung dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Perdaki Charitas menjadi Universitas Katolik Musi Charitas, UKM Mateksipala berubah nama menjadi UKM Mapala “Restu Bumi” dan diresmikan pada tanggal 28 Oktober 2016.
Visi dari UKM Mapala “Restu Bumi”: Terciptanya insan manusia yang lebih berahlak mulia, berpola pikir luas, dan bertanggung jawab terhadap lingkungannya serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral demi persatuan dan kesatuan untuk membangun karakter mahasiswa yang mandiri dan berkualitas.

 

Pendamping UKM Pencinta Alam adalah Bapak Abdul Rachmad Z.A, S.T., M.T. Pertemuan rutin UKM Pencinta Alam dilakukan setiap hari Minggu pukul 10.00 WIB s.d. selesai.

 

Hasil:

  • Mengadakan latihan pendidikan dasar (diksar) bagi anggota baru UKM Pencinta Alam pada tanggal 9 – 13 Februari 2017 di Tegal Arum (Baturaja)
  • Melakukan Ekspedisi ke Gunung Dempo pada tanggal 9-12 Juli 2016
  • Mengadakan acara ramah tamah (sarasehan) UKM Pencinta Alam bersama dengan komunitas Pencinta Alam di luar.