Detil Berita

Tim PKM UKMC Berikan Pendampingan Persiapan Lomba Bahasa Inggris dan Matematika bagi Guru di SD Baptis Palembang

  • by: Unit Informasi Multimedia
  • 03 June 2022

Pada bulan April – Mei lalu, Tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Dosen Universitas Katolik Musi Charitas mengadakan kegiatan pendampingan persiapan lomba Bahasa Inggris dan Matematika bagi Para Guru dari SD Baptis Palembang. Tim PKM ini beranggotakan beberapa dosen dan mahasiswa dari program studi PBI (Pendidikan Bahasa Inggris) dan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pembaharuan informasi kepada para guru Bahasa Inggris dan Matematika mengenai teknik yang efektif untuk mempersiapkan siswa, secara khusus siswa Sekolah Dasar, dalam mengikuti kompetisi di bidang Bahasa Inggris dan Matematika.
 


 
Dalam kegiatan di tanggal 23 April 2022, para guru Matematika mendapatkan pengarahan dan menerima materi dan sharing dari Ibu Lisnani, S.Pd., M.Pd. terkait bagaimana mempersiapkan para siswa dalam mengikuti perlombaan di bidang Matematika, secara khusus Olimpiade Matematika Tingkat Kecamatan. Sementara itu, para guru Bahasa Inggris didampingi oleh Dr. Sr. M. Yustien, FSGM, M.Pd. dan Bapak YM. Restu Dian R, M.Hum. untuk mendalami materi mengenai bagaimana mempersiapkan para siswa untuk mengikuti kegiatan lomba storytelling.
 
Selanjutnya pada tanggal 30 April 2022, Ibu Lisnani kembali hadir untuk memberikan materi dan sharing kepada para guru Matematika terkait bagaimana mempersiapkan para siswa dalam mengikuti perlombaan di bidang Matematika. Sementara itu, para guru Bahasa Inggris mendapatkan pengarahan dan materi dari Ibu Anastasia Ronauli Haisibuan, S.Pd., M.Hum., dan Ibu Ira Irzawati, M.Pd. terkait konsep lomba spelling bee dan bagaimana cara mempersiapkan siswa untuk mengikuti lomba tersebut.
 


 
Meskipun kegiatan pelatihan tanggal 23 dan 30 April 2022 sudah dilaksanakan, pendampingan terus berlanjut hingga bulan Mei. Melalui online platform, Tim PKM dan para guru kerap melakukan sharing dan diskusi mengenai teknik dan media mengenai bagaimana mempersiapkan para siswa untuk mengikuti kegiatan lomba di bidang Bahasa Inggris dan Matematika.
 
Pada akhir program pendampingan, para guru diminta memberikan umpan balik melalui kuesioner. Berdasarkan hasil kuesioner tersebut, didapatkan bahwa PKM ini mendapatkan sambutan yang positif dari pihak SD Baptis. Para guru menyatakan bahwa materi, teknik, trik dan strategi yang diberikan oleh Tim PKM akan sangat berguna dan dapat diimplementasikan oleh para guru, serta mempermudah mereka dalam mendampingi para siswa untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti lomba di bidang Bahasa Inggris dan Matematika. Selain itu, para guru juga berharap semoga kegiatan PKM serupa bisa dilaksanakan kembali dengan tema yang berbeda.