Detil Berita

Dosen UKMC Laksanakan PkM di SD Negeri 124 Palembang: Pendampingan Deep Learning dan Literasi Digital

  • by: Humas Unika Musi Charitas
  • 02 September 2025

Dosen mempunyai kewajiban untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Dalam kerangka tersebut, Tim Pengabdian Dosen Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC) Palembang yang berasal dari tiga program studi—PGSD, Sistem Informasi, dan Psikologi—melaksanakan kegiatan PkM di SD Negeri 124 Palembang.
 
Tim dosen terdiri dari 5 Dosen yaitu Ria Triayomi, M.Pd, Stefanus Setyo Wibagso, S.Kom., M.Kom, Petrus Murwanto, SS., M.Ed. Agnes Fibriana Kurniawati, S.S., M.Pd. Ongko Handoko, S.Fil., MA. Selain dosen, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa, yaitu Ni Putu Catarina Ule Ander dan Sukma Aprinda.
 
Dengan mengangkat tema “Pendampingan Pembelajaran Melalui Pendekatan Deep Learning dan Literasi Digital dengan Dukungan Teknologi serta Psikologi Pendidikan”, kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 30 Agustus 2025 pukul 09.00–12.00 WIB dan diikuti oleh 30 orang guru SD Negeri 124 Palembang. Kegiatan berlanjut dengan pendampingan daring pada 1–5 September 2025.
 

 
Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SD Negeri 124 Palembang, Bapak Nazom Nurhawi, AR., M.Pd., yang diwakili oleh Dinna Lestari, M.Pd., menyampaikan harapan agar kegiatan PkM ini dapat memberikan manfaat nyata bagi para guru, terutama dalam meningkatkan kompetensi dan kreativitas pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman.
 
Sementara itu, Ketua Tim PkM, Ria Triayomi, M.Pd., menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah berkenan menjadi mitra dalam kegiatan ini. “Kami hadir bukan hanya untuk berbagi pengetahuan, tetapi juga untuk belajar bersama dengan para guru, bagaimana mengembangkan pembelajaran yang mendalam, memanfaatkan teknologi, dan memperhatikan aspek psikologi pendidikan dalam setiap prosesnya,” ungkapnya.
 
Kegiatan PkM ini terbagi ke dalam beberapa sesi. Sesi pertama berfokus pada pendekatan deep learning dalam pembelajaran, yaitu bagaimana guru dapat mengarahkan peserta didik untuk memahami konsep secara mendalam. Tiga prinsip utama pembelajaran mendalam adalah Berkesadaran (Mindful), Bermakna (Meaningful), dan Menggembirakan (Joyful). Prinsip-prinsip ini bertujuan menciptakan proses pembelajaran yang aktif, relevan dengan kehidupan nyata, serta menyenangkan, sehingga peserta didik mampu memahami dan menerapkan pengetahuan secara lebih mendalam.
 

 
Sesi berikutnya menghadirkan dosen dari Program Studi Sistem Informasi yang memperkenalkan berbagai platform dan aplikasi digital untuk membantu guru menciptakan media pembelajaran interaktif. Selanjutnya, para guru juga mendapat pendampingan dalam pembuatan modul ajar berbasis pendekatan deep learning.
 
Setiap kelompok guru diminta untuk menyusun modul ajar, yang kemudian akan dikumpulkan paling lambat pada Jumat, 5 September 2025. Para guru menunjukkan antusiasme tinggi, ditandai dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi mendalam sepanjang kegiatan. Untuk mengukur efektivitas program, tim PkM juga melaksanakan evaluasi menggunakan instrumen pre-test dan post-test.
 
Pihak sekolah berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut, mengingat tantangan dunia pendidikan semakin kompleks dan guru dituntut untuk senantiasa meningkatkan kompetensi, baik dalam penguasaan teknologi maupun dalam strategi pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.