« Kembali Detil Penelitan

Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Informasi Kampus Menggunakan Brosur

  • by: Master Web
  • 30 August 2017
  • 04:52:23

Abstrak:

Teknologi game dan animasi terus mengalami perkembangan. Hal ini seiring dengan tuntutan kebutuhan tampilan dunia tiga dimensi dengan kualitas yang baik untuk membangun  virtual world menjadi lebih  real ke dalam komputer.    Augmented Reality  merupakan bidang penelitian komputer yang menggabungkan data komputer grafis  3D  dengan dunia nyata. Semakin berkembangnya AR membuat teknologi ini banyak dicari. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, AR sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.  Inti dari AR adalah melakukan interfacing untuk menempatkan obyek virtual ke dalam dunia nyata. Para peneliti memanfaatkan bidang ini sebagai salah satu cara baru untuk meningkatkan produktifitas, efektifitas dan efisiensi serta sebagai media  entertainment. AR telah banyak digunakan di dunia hiburan, pelatihan militer, medis, desain rekayasa, robotik dan telerobotik, manufaktur, pendidikan, dan lain-lain.  Dengan memanfaatkan teknologi AR, informasi pada brosur yang biasa digunakan untuk memberikan informasi kepada pembaca sebenarnya dapat ditambahkan dengan bentuk informasi  3D  yang ditampilkan secara  virtual,  sehingga kampus dapat melengkapi informasi penting yang belum termuat pada brosur. Hasil yang didapat menunjukan bahwa pembaca dapat melihat bagian brosur AR dengan detil serta lingkungan pada brosur juga akan terasa lebih hidup dengan adanya animasi pendukung seperti gedung, pohon, dan lain sebagainya.
Kata Kunci : Augmented Reality, Brosur, Informasi, Android


  • Penulis
  • Latius Hermawan, Mochamad Hariadi
  • Publish
  • Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015 (SENTIKA 2015) UAJY
  • Tahun Publish
  • 2015
  • Download