Detil Berita

Webinar PKM dan Sosialisasi Pengisian SAKM

  • by: KKA
  • 30 October 2020

Webinar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Sosialisasi Pengisian SAKM yang diselenggarakan oleh Kantor Kemahasiswaan dan Alumni (KKA) dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 24 Oktober 2020 melalui via ZOOM.
Materi pertama membahas mengenai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), narasumber materi ini adalah Ibu Ria Triayomi, S.Pd., M.Pd.
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendikiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.
 
Materi kedua membahas mengenai kegiatan kemahasiswaan UKMC, narasumber materi ini adalah Bapak Mathius Syafrianto, S.E.
Kegiatan kemahasiswaan UKMC tidak terlepas dari nilai-nilai “CHAMPION” yaitu Charity-Humanity-Alturism-Managerial Capacity-Persistent-Integrity-Open Minded-Novelty. UKMC mengapresiasi tiap mahasiswa untuk mampu mengembangkan minat, bakat serta kemampuan dirinya melalui kegiatan akademik dan ekstrakurikuler yang merupakan bagian tidak terpisahkan dalam proses pendidikan dan pengembangan diri. Semua profesi membutuhkan keahlian (hard skill) tertentu, akan tetapi semua profesi juga memerlukan softskill, kedua hal ini perlu keseimbangan.
 
Materi ketiga membahas mengenai Sosialisasi Pengisian SAKM, narasumber materi ini adalah Yulita Permata Sari, S.E.
Sistem Apresiasi Kegiatan Mahasiswa (SAKM) Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC) adalah suatu sistem yang mendukung, mengakui, mengapresiasi dan memberi nilai setiap keterlibatan aktif mahasiswa dalam upaya mengembangkan diri melalui berbagai kegiatan kemahasiswaan. SAKM merupakan suatu sistem untuk menggerakkan mahasiswa terlibat aktif dalam kegiatan guna menumbuhkembangkan karakter positif. Secara khusus, karakter yang hendak ditumbuhkembangkan di Universitas Katolik Musi Charitas adalah karakter “CHAMPION” yang merupakan akronim dari Charity-Humanity-Altruism-Managerial Capacity-Persistent-Integrity-Open minded-Novelty.
Sosialisasi Pengisian SAKM ini bertujuan agar mahasiswa/i UKMC mengetahui cara menginput kegiatan mahasiswa, mengetahui kegiatan apa saja yang bisa diinput, memberi informasi jadwal pengisian SAKM dan menegaskan kembali agar mahasiswa tidak menunda untuk input kegiatan yang sudah diikuti oleh mahasiswa/i tersebut.
 
Webinar ini dihadiri oleh mahasiswa/i Universitas Katolik Musi Charitas (khusus Mahasiswa Angkatan 2020), dengan jumlah peserta lebih dari 200 orang.