Detil Berita

Webinar Edukasi Perubahan Perilaku UKMC 2020 (30/11/2020)

  • by: KKA
  • 10 December 2020

Sebagai tindak lanjut dari Surat Tugas Rektor UKMC No. 536/II/A-KM3000/10/2020 tanggal 12 Oktober 2020 tentang Mahasiswa dan Dosen Peserta Edukasi Perubahan Perilaku, dan Surat Tugas yang dikeluarkan oleh Satuan Tugas Nasional Penanganan Covid-19 Nomor: ST/156/D-IV/RR.03-SATGASPP/20/2020 tanggal 16 Oktober 2020; Tim Edukasi Perubahan Perilaku “UKMC Sadar Krisis” mengadakan Webinar Perubahan Perilaku dengan judul “Ceritaku … ceritamu: Berbagi kisah dan harapan” bertempat di Conference Room FST pada hari Senin/30 November 2020 Pk. 15.40 WIB. Acara webinar diketuai oleh Kelvin, salah satu anggota Tim, dengan kepanitiaan terdiri dari mahasiswa dari berbagai program studi di lingkungan UKMC.
 
Webinar dihadiri 109 peserta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Palembang, berisi cerita pengalaman para Duta Mahasiswa Edukasi Perubahan Perilaku UKMC, menghadirkan narasumber Julianus Judhistira Tan (Alumnus FIKES-UKMC) dengan moderator Ardin. Kata Sambutan oleh Br. Ignasius Heri SCJ (Dosen Pembimbing Lapangan) dilanjutkan dengan tayangan cuplikan video kegiatan edukasi di Plaju dan Talang Betutu sebelum masuk ke acara utama yang dibagi menjadi dua sesi.
 
Sesi pertama menampilkan empat Duta Mahasiswa Edukasi Perubahan Perilaku UKMC masing2 Clara, Vilia, Yohanes dan Lisbeth yang menceritakan pengalaman mengikuti kegiatan edukasi Tahap-1 dan Tahap-2 dengan tema “Penguatan Komunitas Sadar Krisis”. Kegiatan meliputi pengumpulan data kualitatif berupa komentar lisan/tertulis mengenai Covid yang ada di medsos, dokumentasi foto dan interview sekaligus promosi protokol kesehatan 3M di daerah sasaran, interpretasi data, serta evaluasi dalam sebuah Diskusi Kelompok Terfokus. Pada sesi kedua, narasumber Julianus Judhistira Tan menceritakan pengalaman bertugas sebagai perawat di RS Siloam-Palembang dalam menangani pasien Covid, serta bagaimana tugas yang penuh resiko tersebut dapat dijalani dengan baik. Julianus menceritakan pengalaman menjadi pasien Covid pertama ketika pandemi ini mulai masuk di Palembang pada bulan Maret 2020. Acara dilanjutkan sesi tanya jawab. Door-prize menarik juga disediakan panitia. Acara webinar ditutup dengan kata penutup oleh Ibu Novita Daeli (Dosen Pembimbing Lapangan).
 
Selesai acara dilakukan survey respon 109 peserta melalui Google Form dengan hasil sebagai berikut: (1) Narasumber memberi tambahan pengetahuan baru (Sangat Setuju = 45%); (2) Secara keseluruhan acara ini menarik (Sangat Setuju = 55%); (3) Acara perlu diselenggarakan lagi (Sangat Setuju = 53.2%); dan (4) Acara dapat meningkatkan kesadaran terhadap protokol kesehatan 3M (Sangat Setuju = 50.5%).@tim.ukmc.sadar.krisis.2020
 
Dokumentasi