Detil Berita

Pengobatan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis IKA UKMC dan LAAGI Kampanyekan “Jangan Takut Berobat ke Rumah Sakit”

  • by: Unit Informasi Multimedia
  • 01 September 2020

Kegiatan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Universitas Katolik Musi Charitas (IKA UKMC) bekerja sama dengan Lintas Aktivis Antar Generasi Indonesia (LAAGI) pada tanggal 19 sampai dengan 24 Agustus 2020. Kegiatan ini diselenggarakan di 6 kecamatan di kota Palembang. Kegiatan terakhir diselenggarakan di TPA Sukawinatan Kecamatan Sukarame Palembang. Pada kesempatan tersebut turut hadir Kapolda Sumatera Selatan, Irjen. Pol. Prof. Eko Indra Heri, S, MM., didampingi oleh Wakapolda Sumsel, Wakapolrestabes Palembang, Dandim 0418/Palembang, Kapolsekta Sukarame dan jajaran. Hadir juga staf ahli walikota, Drs. H. Herly Kurniawan mewakili Walikota Palembang, Camat dan Lurah di kecamatan Sukarame. Dalam laporan yang dibacakan oleh perwakilan IKA UKMC, Riska Johanes, S.E., menyampaikan bahwa dalam waktu 6 hari pelaksanaan kegiatan tercatat sebanyak 1800 orang yang mendapatan pelayanan dkesehatan di 5 kecamatan. Pada kegiatan pemeriksaan kesehatan di hari terakhir dan di kecamatan keenam ini IKA UKMC dan LAAGI optimis bahwa target pelayanan kesehatan bagi masyarakat sebanyak 2000 orang dapat tercapai.
 
“Dalam pelaksanaan kegiatan ini kami dibantu oleh beberapa rumah sakit dan tenaga medis dari Charitas Hospital Palembang, Rumah Sakit Siloam, RSUD Siti Fatimah, Biddokkes Bhayangkara Polda Sumsel, Puskesmas setempat. Kami mengucapkan terima kasih untuk hal itu, Juga kami tidak lupa menghaturkan terima kasih kepada Kapolda Sumsel, Kapolrestabes Palembang, Dandim 0418/Palembang yang telah mendukung kegiatan ini”. Ujar Riska yang juga Lulusan Fakultas Bisnis dan Akuntansi Universitas Katolik Musi Charitas. Dalam kesempatan tersebut, Sukma Hidayat, SE Ketua Umum LAAGI mengatakan “Rangkaian kegiatan ini adalah bentuk kerja nyata LAAGI dan IKA UKMC untuk mengkampanyekan “JANGAN TAKUT BEROBAT KE RUMAH SAKIT” dan juga sekaligus memeriahkan HUT RI 75, kegiatan ini dilaksanakan di 6 kecamatan serta kedepan setelah panitia menghitung kekuatan dan rehat sejenak kami akan tuntaskan lagi 12 kecamatan tersisa di kota Palembang”.
 
Okta Priandy, ST. Ketua IKA UKMC menjelaskan “Semua Rangkaian kegiatan ini tidak bisa terlaksana jika tidak ada sinergitas yang akrab antara panitia, dokter, TNI, Polri, dan sukarelawan perawat medis dari para mahasiswa kesehatan serta kami tegaskan kami siap kembali melaksanakan kegiatan serupa di 12 kecamatan yang tersisa di kota Palembang” Kegiatan penutupan ini juga turut hadir Direktur Charitas Hospital Palembang, Direktur Utama RS Siloam, Direktur RSUD Siti Fatimah, dan Wakil Rektor 3 Universitas Katolik Musi Charitas. Dalam kesempatan itu Wakil Rektor III Universitas Katolik Musi Charitas, Rm. Gunadi menuturkan “Kami mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada LAAGI dan IKA UKMC karena telah membantu masyarakat dalam hal pengobatan, kami tetap akan selalu mendukung kegiatan positif yang dilakukan”.
 
Sementara itu, Kapolda Sumatera Selatan sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan berpesan agar kegiatan ini bisa menyentuh semua lapisan masyarakat di 18 kecamatan yang ada di kota Palembang.