Detil Berita

PBI UKMC Pada Hari Studi Guru Yayaysan Tarakanita Lahat

  • by: Unit Informasi Multimedia
  • 01 September 2020

Dua dosen UKMC dari Prodi PBI menjadi narasumber kegiatan Hari Studi Guru (HSG) yang diselenggarakan oleh Yayasan Tarakanita Kantor Wilayah Lahat. HSG kali ini diadakan pada tanggal 22 Agustus 2020 dan diselenggarakan secara virtual melalui media zoom dengan mengusung tema “Using English for Classroom Activities”.
Pada sesi awal, kedua narasumber yaitu Anselmus Inharjanto SCJ dan Yohanes Heri Pranoto menjelaskan beberapa kasus dan paradigma yang sering kali keliru terkait penggunaan Bahasa Inggris di dalam kelas.
Hal ini dimaksudkan agar peserta semakin sadar akan pentingnya, tantangan, dan keluasan atau batasan penggunaan Bahasa Inggris dalam proses pembelajaran. Setelah pemaparan tersebut, pembahasan selanjutnya adlah mengenai setting kelas yang bisa memfasilitasi penggunaan Bahasa Inggris.
Salah satu hal yang ditekankan adalah tentang pendekatan behaviorism dan constructivism. Melalui sesi ini, narasumber berharap peserta semakin sadar bahwa proses pembelajaran bahasa (language acquisition) dilakukan secara berkesenimbanguna dan terintegrasi dengan konteks belajar siswa.
 
Pada sesi akhir, peserta diajak untuk praktik pengucapan beberapa frasa Bahasa Inggris yang digunakan saat memulai pembelajaran, selama proses pembelajaran, dan menutup proses pembelajaran.
Harapannya agar peserta semakin memiliki banyak perbendaharaan kosa kata dan semakin yakin dan percaya diri dalam pengucapan. Melalui kegiatan ini, penyelenggara berharap agar seluruh guru TK, SD, SMP, dan SMA St. Yosef Lahat semakin semangat dan percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggris pada salah satu waktu pengajaran di kelas semata-mata untuk keberhasilan peserta didik dalam pengusaan bahasa asing ini.
 
Kegiatan tersebut juga dihadiri guru-guru dari Yayasan Tarakanita Kantor Wilayah Bengkulu, dengan jumlah peserta lebih dari 75 guru. Ketua Yasayan Tarakanita Lahat Sr. Cornelio CB menyampaikan bahwa kegiatan berjalan dengan baik.
Keterlibatan guru dalam dialog dan praktik dirasa telah menghidupkan suasana HSG yang diselenggarakan pada akhir pekan tersebut.
 
Harapannya semoga kegiatan ini juga semakin mendekatkan hubungan dan kerjasama antara UKMC dengan Yayasan Tarakanita.