Detil Berita

PBI DAN MANAJEMEN UNIKA MUSI CHARITAS MELAKUKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI SMA METHODIST 2 PALEMBANG

Penulis: Catharina Clara
Dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Manajemen Unika Musi Charitas (UKMC) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di SMA Methodist 2 Palembang yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa-siswinya khususnya untuk kelas 12 dalam mempersiapkan dan menyesuaikan diri dengan dinamika kehidupan kampus yang agak berbeda dengan sekolah menengah serta meningkatkan kemampuan untuk belajar mandiri khususnya dalam memahami literatur Bahasa Inggris, baik reading, listening, dan speaking. Luaran kegiatan ini adalah diharapkan mereka dibekali kemampuan yang cukup baik dalam menghadapi dunia kuliah di perguruan tinggi dalam rangka mempersiapkan diri untuk dunia kerja.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada tanggal 22 dan 29 Oktober 2019 di 2 kelas XII SMA. 5 dosen terlibat pada kegiatan tersebut, yaitu Anselmus Inharjanto SCJ, M.Phil (ELT), Yohanes Heri Pranoto, S.Pd., M.Pd. (ELT), dan Paskalina Widiastuti R., S.Pd, M.Hum (ELT) dari Prodi PBI Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan serta Catharina Clara, S.E., M.Si (Manajemen) dan Ega Leovani, SE., MM. (Manajemen) dari Prodi Manajemen Fakultas Bisnis dan Akuntansi. Kegiatan juga melibatkan 2 mahasiswa Valensia Giovanni dan Stela Marcelina dari Prodi PBI
Materi kegiatan orientasi belajar di perguruan tinggi dan pelatihan listening dan speaking antara lain:

    1. Pengenalan sistem belajar yang ada di perguruan tinggi yang berbeda dengan cara belajar di SMA.
    2. Menambah wawasan siswa dalam sistem pembelajaran yang ada di universitas.
    3. Mempersiapkan siswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta sesuai dengan norma-norma dan kode etik dalam ruang lingkup perguruan tinggi.
    4. Menumbuhkan kesadaran siswa akan tanggung jawab belajar, sistem pembelajaran mandiri dan proses manajemen diri.
    5. Pelatihan belajar mandiri dengan memahami literatur berbahasa Inggris.
    6. Pelatihan listening dan speaking mengenai kehidupan kampus misalnya peminatan bidang yang akan dipilih, metode belajar, sistem berorganisasi, relasi saat kuliah.

Dalam kegiatan ini diberikan pendampingan dan pelatihan berupa peningkatan ketrampilan listening dan speaking, serta memberikan orientasi kepada siswa SMA mengenai kehidupan kampus khususnya cara belajar di perguruan tinggi dengan meningkatkan kemampuan memahami literatur, sekaligus mendorong peserta didik mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris demi menyongsong dunia kerja atau tuntutan akademis lanjutan.

Di akhir kegiatan mahasiswa diberikan waktu untuk melihat beberapa video mengenai kehidupan di lingkungan universitas, bagaimana siswa yang sebelumnya berada di zona nyaman dengan proses belajar yang dibimbing oleh guru menjadi mahasiswa yang aktif dan kreatif menjadi mahasiswa yang mandiri, mampu berkembang dan belajar sendiri, membangun relasi, mampu bekerjasama dengan orang lain serta aktif daam kegiatan lain di universitas.

Selain itu, siswa juga diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan deskriptif dalam bentuk masukan dan saran tambahan terhadap pengadaan kegiatan dengan topik serupa, bentuk kegiatan lain, atau topik lain yang diharapkan. Adapun tanggapan tersebut berupa hal-hal sebagai berikut:

  • Dapat memberikan topik lain yang lebih banyak dan menarik.
  • Dapat mengangkat topik tentang kuliah sambil bekerja, serta bagaimana cara membagi waktu antara kerja dan kuliah
  • Mengangkat topik tentang fasilitas kampus
  • Kegiatan dapat dilakukan dalam bentuk workshop
  • Kegiatan yang sama dapat dilaksanakan kembali karena sangat bermanfaat.
  • Mengangkat topik mengenai lingkungan kuliah di luar negeri
  • Dapat mengkombinasi kegiatan dengan games

Berdasarkan hasil dari open-ended questionnaire didapatkan bahwa topik yang diharapkan diadakan kembali adalah topik baru mengenai jurusan perkuliahan misalnya engineering, penggunaan Bahasa Inggris aktif, dan ditambahkan kembali motivasi untuk mencapai tujuan studi; dan secara umum bentuk kegiatan sudah menarik.

Secara umum, kegiatan pengabdian orientasi belajar di perguruan tinggi dan pelatihan listening dan speaking (campus life) ini sudah baik dan bermanfaat bagi siswa-siswi SMA dan SMK Methodist 2, Palembang. Berdasarkan hasil dari pelatihan ini, peserta menyampaikan apresiasi akan kebermanfaatan dari kegiatan ini. Materi yang disampaikan yang dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris mampu dipahami dengan baik.

Berdasarkan jawaban dari pertanyaan terbuka banyak dari peserta yang merasakan manfaat dan menyatakan minatnya untuk pelatihan serupa dengan topik dan tema yang lain, yang relevan dengan kehidupan mereka sebagai siswa SMA dan calon mahasiswa yang nantinya akan berperan dalam masyarakat. Misalnya tentang cara manajemen waktu antara kuliah dan bekerja, lapangan kerja yang potensial untuk setiap jenis jurusan kuliah dan sebagainya.

Dari segi antusiasme, peserta pelatihan juga sangat semangat dalam mengikuti pelatihan ini. Peserta memperhatikan dengan baik dan memiliki rasa ingin tahu saat mengikuti pelatihan. Peran serta aktif ditunjukkan oleh peserta dengan menyimak film, mengikuti permainan, wawancara, diskusi, tanya jawab, bahkan sharing tentang diri pribadi mereka mengenai cita-citanya.