Detil Berita

KOMUNITAS UKMC “SADAR KRISIS”

  • by: KKA
  • 24 October 2020

Universitas Katolik Musi Charitas menjadi salah satu perguruan tinggi di Sumatra Selatan untuk terlibat dalam Program Edukasi Perubahan Perilaku bagi penanganan krisis Covid-19 di Indonesia. Program ini berlangsung mulai tanggal 14 Oktober sampai dengan 31 Desember 2020; merupakan kerjasama antara Satgas Penanganan Covid-19 dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).
Untuk menindaklanjuti program tersebut Rektor melalui Surat Tugas No. 539/II/A-KP10000/10/2020 tanggal 13 Oktober 2020 menugaskan 10 (sepuluh) mahasiswa dari berbagai Program Studi didampingi 2 (dua) Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) masing2 Br Ignasius Heri SCJ (FBA) dan Ibu Novita Daeli (Fikes), dibantu Bpk. Mathius dan Ibu Ria dari KKA.
 
Kegiatan diawali dengan pembekalan, pembentukan kelompok, dan persiapan turun lapangan yang disampaikan oleh Direktorat Belmawa, Kemenkes, Kemendagri, dan BNPB pada tanggal 14 Oktober 2020. Selanjutnya Tim melakukan koordinasi internal sekaligus membentuk Komunitas UKMC “Sadar Krisis”.
Bertempat di Ruang Rapat Fakultas Bisnis dan Akuntasi (FBA), pada tanggal 20 Oktober 2020 komunitas ini melakukan pertemuan sinkronisasi untuk memilih tema dan kegiatan. Tema yang dipilih adalah “Penguatan Komunitas Sadar Krisis” dengan 2 (dua) kegiatan meliputi: (1) Identifikasi pola pikir sadar krisis; dan (2) Penyusunan model komunitas sadar krisis. Latar belakang pemilihan tema dan kegiatan adalah asumsi kesadaran masyarakat yang masih rendah. Masyarakat belum memahami kata “krisis”. Masyarakat cenderung jenuh dengan pemberitaan mengenai Covid. Ini ditunjukkan dari perilaku yang tidak konsisten dalam menjalankan protokol kesehatan 3M, meliputi: Memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun.
 
Dalam pertemuan tersebut juga dibahas rencana untuk melaksanakan program edukasi yang dikombinasikan dengan pengumpulan data kualitatif berupa foto, video, komentar, dan pendapat yang dilakukan melalui interview. PIC program edukasi ini adalah Yohanes Irwanda (Mahasiswa). Melalui Komunitas UKMC “Sadar Krisis” diharapkan terbentuk komunitas2 “binaan” baru yang menjadi model bagi perubahan perilaku, yakni komunitas yang memiliki pola pikir kritis dan konsisten dalam menjalankan protokol kesehatan 3M. Untuk pertimbangan efektivitas pelaksanaan program tim dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Masing2 kelompok memiliki tanggungjawab melakukan kegiatan yang sudah terjadwal.@ign.heri.sw.2020