Detil Berita

Berkarakter Nasionalisme demi Indonesia Maju

  • by: Unit Informasi Multimedia
  • 01 September 2020

Tiga per empat abad sudah usia kemerdekaan negri kita tercinta Indonesia. Semangat para pejuang kemerdekaan tempo doeloe harus terus dikobarkan di zaman now. Kendati dihempas pandemi Covid-19, demi menggelorakan semangat perjuangan pada generasi di era modern, Campus Ministry Universitas Katolik Musi Charitas (CM UKMC) menggagas dan mengemas kegiatan Seminar Kebangsaan, yang juga merupakan kegiatan rutin tahunan. Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan hasrat untuk berhimpun sebagai civitas academica Unika Musi Charitas. Seminar Kebangsaan untuk menyambut hari raya Kemerdekaan Republik Indonesia ini diadakan secara daring via Zoom dan melibatkan internal UKMC Palembang yang terdiri dari para dosen, tenaga kependidikan dan para mahasiswa/i.
 
Dengan mengusung tema “Karakter Nasionalisme untuk Indonesia Maju”, webinar yang digawangi oleh panitia yang terdiri dari beberapa pengurus, anggota, dan minister Campus Ministry ini, bermaksud untuk terus menumbuhkan karakter dan rasa nasionalisme pada setiap individu dalam keluarga besar Unika Musi Charitas. Webinar Kebangsaan dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020, pukul 17.00 – 19.00 dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu: Dr. (Cand) Finsensius Yuli Purnama, S.Sos., M.Med.Kom – Student Fellow, Asia Research Institute – National University of Singapore dan dosen Unika Widya Mandala, Surabaya; Letnan Kolonel Kav. Edward Francis Lakaseru, MDA – Kepala Jasmani Kodam II (Kajasdam II)/Sriwijaya; dan Leonardus Jonatan Christie – Atlet nasional badminton. “Untuk memiliki karakter nasionalis, kita perlu adanya pegangan identitas kewarganegaraan dan perlindungan hak dalam kehidupan sehari-hari. Contoh nyata sebagai kaum muda, kita dapat melakukan kegiatan-kegiatan positif yang dapat terus mengolah diri dan semangat solidaritas,” papar narasumber pertama yang membahas tema webinar dari sisi akademis. “Saya bangga menjadi orang Indonesia yang tentunya banyak sekali perbedaan dan keanekaragaman. Jangan pernah malu karena berbeda. Kita harus bangga dan cinta tanah air karena Indonesia sungguh kaya akan keanekaragaman. Karakter nasionalisme harus ada mulai dari dalam diri kita dan lingkungan sekitar kita,” demikian disampaikan oleh narasumber kedua yang membahas tema dari sisi aparatur negara.
 
“Arti Indonesia menurut saya: Indonesia itu harga mati. Kita pun di sini sebagai atlet sungguh berjuang membawa nama Indonesia dan saya bangga sebagai warga negara Indonesia. Majulah Indonesia,” ucap narasumber ketiga saat membagikan pengalamannya selama berproses untuk mengharumkan bangsa Indonesia lewat prestasinya sebagai atlet badminton.