« Kembali Detil Penelitan

Penerapan Algoritma A* Pada Aplikasi Puzzle

  • by: Master Web
  • 05 September 2017
  • 11:54:05

Abstrak:

Perkembangan teknologi yang sangat cepat harus didukung dengan perkembangan dan implementasi algoritma yang baik, sehingga teknologi tersebut dapat memberikan hasil yang baik, efektif dan efisien. Puzzle yang digunakan adalah berukuran 3×3 yang berisi angka. Pemain harus menyusun kembali ubin yang teracak menjadi terurut. Untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi maka dibuat Penerapan Algoritma A* pada Aplikasi Puzzle yang menggunakan artificial intelligence yaitu mempelajari tentang bagaimana cara agar membuat komputer dapat melakukan pekerjan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Algoritma A* yang termasuk dalam heuristik ini dan dibantu dengan perhitungan jarak Manhattan, akan membantu dalam pencarian pergeseran angka yang memungkinkan. Model Proses yang digunakan adalah Model Air Terjun (Waterfall) dengan pengujian white-box testing, black-box testing dan uji sampel berpasangan. Uji sampel berpasangan digunakan untuk menguji suatu hipotesis yang dibuat apakah dapat diterima atau tidak. Pengujian yang didapatkan dengan adanya penerapan algoritma A* pada aplikasi puzzle maka total pergeseran dan waktu yang digunakan dengan menggunakan algoritma A* akan meminimalkan total pergeseran dan waktu yang dihabiskan dibandingkan dengan bermain tanpa menggunakan algoritma A* yang dapat membantu pemain menyelesaikan permainan dengan mudah.
Kata Kunci : Algoritma A*, Puzzle


  • Penulis
  • Latius Hermawan, Kristoforus JB
  • Publish
  • Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SNASTIKOM 2013)
  • Tahun Publish
  • 2013
  • Download