Detil Berita

Webinar PBI: New Normal’s Education – Being Autonomous

  • by: Humas Unika Musi Charitas
  • 03 July 2020

Seluruh negara di belahan dunia masih berjuang untuk menghadapi pandemi Covid-19. Kebijakan New Normal yang saat ini mulai diberlakukan secara bertahap menuntut berbagai pihak, termasuk institusi pendidikan dan para pembelajar untuk bersiap diri dan memasuki zona bertumbuh. Pembelajar juga semakin didorong untuk menjadi pribadi yang otonom dalam dunia pendidikan dan proses pembelajarannya. Maka, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris bersama dengan Musi Charitas English Education Student Association (MCEESA) mengadakan kegiatan webinar dengan tema “New Normal’s Education: Being Autonomous”.
 
Webinar class ini diselenggarakan pada hari Senin, 29 Juni 2020, pukul 09.00 – 11.00 WIB melalui sarana Google Meeting. Kegiatan webinar class ini menghadirkan tiga narasumber, yakni praktisi pendidikan yang berasal dari negara Irlandia, Amerika Serikat dan Indonesia. Mereka adalah Paul Denis Trehy, Kiki Anderson, dan Dr. Sr. M. Pauli FSGM. Paul D. Trehy adalah praktisi pendidikan dari Universitas Maynooth, Irlandia dan saat ini bekerja di salah satu sekolah internasional berbasis kurikulum Cambridge di Jakarta. Kemudian, Kiki Anderson adalah seorang praktisi pendidikan di program English and Culture Studies atau English as a Second Language (ECS/ESL) di Sacred Heart Seminary and School of Theology di Wisconsin, Amerika Serikat. Pembicara lainnya adalah Dr. Sr. M. Pauli FSGM, praktisi pendidikan di sekolah-sekolah Fransiskus dan terlibat dalam memajukan pendidikan lingkup keuskupan Tanjungkarang dan kongregasi FSGM. Ada 76 peserta yang berpartisipasi dalam webinar class ini dan mereka merupakan para dosen, guru, mahasiswa, pelajar SMA/K yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.
 
Sebelum sesi presentasi, webinar dibuka oleh RP. Agustinus Riyanto SCJ, M.A, Dekan Fakultas Humaniora dan Pendidikan. Presentasi pertama dibawakan oleh Paul Denis Trehy yang membahas tentang “New Normals in Education”. Setelah itu dilanjutkan oleh Dr. Sr. M. Pauli yang membahas tentang “Openness to Everything Changes and Willingness to Learn New Things”. Lalu, pada presentasi ketiga, Kiki Anderson membahas tentang “Self-Directed Language Learning and Staying Connected”. Setelah sesi presentasi selesai, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab bersama peserta yang mengikuti webinar. Peserta tampak antusias untuk melontarkan pertanyaan dan diskusi dengan narasumber. Akhirnya, webinar ditutup dengan closing statement oleh Rektor Universitas Katolik Musi Charitas, Drs. EF Slamet Sarwono, MBA., DBA.
 
Webinar class ini diadakan dengan harapan dapat menyesuaikan dan beradaptasi dengan situasi baru di tengah pandemi ini. Seperti digarisbawahi oleh ketiga narasumber bahwa semua perangkat yang ada di dunia pendidikan harus dapat menyesuaikan diri dengan baik. Tetap terhubung satu sama lain dengan pemanfaatan teknologi yang tersedia juga merupakan hal yang dapat dilakukan. Jika tidak mengikuti perubahan dan menjadi pribadi yang siap dan otonom maka kita akan tertinggal jauh di belakang dalam menghadapi fase ini. Mari songsong new normal dalam dunia pendidikan ini dan menjadi autonomous learners.
 

 

Panitia Webinar MCEESA – PBI UKMC