Detil Berita

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris TA 2019/2020

  • by: Unit Informasi Multimedia
  • 17 July 2020

Kuliah Kerja Lapangan adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa semester 6 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Katolik Musi Charitas. Mata kuliah yang sebelumnya bernama KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik ini bertujuan untuk memberikan pengalaman administratif dan pengelolaan terbatas dan membangun kompetensi sosial bagi calon pendidik dengan cara terlibat langsung di sebuah satuan pendidikan tingkat menengah atas.
Pada tahun akademik 2019/2020, kegiatan KKL ini dilaksanakan di dua sekolah: SMA Xaverius 2 Palembang dan SMA Xaverius 4 Palembang. Tepatnya pada tanggal 4 Maret 2020 dan 6 Maret 2020 para mahasiswa dibagi ke dalam dua kelompok dan diserahkan ke sekolah masing-masing untuk memulai kegiatan KKL. Semula kegiatan ini dijadwalkan berlangsung sekitar 4 bulan, namun dikarenakan pandemi virus corona yang sampai sekarang belum mereda akhirnya kegiatan KKL ini dialihkan menjadi kegiatan KKL secara daring (online).
 
Dalam kegiatan KKL ini mahasiswa bersama-sama merancang program pemberdayaan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk perkembangan sekolah. Kelompok pertama yang ditempatkan di SMA Xaverius 2 Palembang (Melphi, Valen dan Elma) membuat 3 program yang melibatkan seluruh anggota OSISKA/PPSK dan seluruh siswa SMA Xaverius 2 Palembang. Program pertama yang dilaksanakan pada tanggal 1 Mei 2020 adalah Pelatihan Online Pengelolaan Instagram Sebagai Sarana Promosi Sekolah. Selanjutnya, pada tanggal 3 dan 5 Mei 2020, dilaksanakan program kedua yakni Online Sharing Edukatif Selama Physical Distancing yang diikuti oleh 44 orang siswa SMA Xaverius 2 Palembang. Program terakhir berlangsung pada tanggal 19 Mei 2020, yakni Pelatihan Online Pengembangan Program Kerja OSIS/PPSK Seksi Bidang X dengan narasumber RP. Anselmus Inharjanto, SCJ. M.Phil yang dilaksanakan via Google Meet. Program ini ditutup dengan penyelenggaraan Lomba Tongue Twister dan Paragraph Writing bagi semua siswa SMA Xaverius 2 Palembang untuk mengasah kemampuan dalam berbahasa Inggris.
 
Kelompok KKL di SMA Xaverius 4 Palembang (Stela dan Vale) juga membuat 3 program yang melibatkan seluruh anggota OSIS/ PPSK dan siswa-i SMA Xaverius 4 Palembang. Program pertama dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2020 yakni Pembinaan Rapat Jarak Jauh Menggunakan Google Meet yang diikuti oleh anggota OSIS/ PPSK sebanyak 16 orang. Program selanjutnya adalah 2 cabang perlombaan, yakni Lomba Pronounciation Practice dan Story Telling.
Setelah semua rangkaian kegiatan KKL selesai, kegiatan KKL ditutup dengan penarikan mahasiswa secara langsung bersama Kepala Sekolah, GPL, DPL, dan Ka. Prodi PBI. Kegiatan penarikan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2020 untuk SMA Xaverius 2 dan 7 Juli 2020 untuk SMA Xaverius 4. Kedepannya, semoga kegiatan KKL ini tetap berjalan dengan baik dan memperluas relasi dengan berbagai sekolah yang ada di Kota Palembang.