Detil Berita

Dies Natalis Universitas Katolik Musi Charitas Ke 2 “Satukan Hati Satukan Tekad Untuk UKMC Hebat”

  • by: Master Web
  • 30 August 2017

Pada 25 Juli 2017 Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC) merayakan dies natalisnya yang kedua. Tema perayaan dies natalis tahun ini adalah “Satukan Hati, Satukan Tekad untuk UKMC Hebat”. Dengan tema ini, civitas akademika diharapkan semakin solid dan semakin terlibat dalam membangun UKMC yang semakin berdaya tahan, berdaya guna dan berdaya pikat. Setelah melaksanakan berbagai macam kegiatan, perayaan dies natalis berpuncak pada kegiatan sidang senat terbuka yang diselenggarakan di Aula Gedung Joseph. Acara puncak didahului dengan perayaan ekaristi syukur yang dipimpin oleh Mgr. Aloysius Sudarso SCJ, Uskup Keuskupan Agung Palembang. Seusai perayaan ekaristi, acara dilanjutkan dengan sidang senat terbuka. Pada kesempatan ini, Rektor UKMC E.F. Slamet Santoso Sarwono MBA.,DBA menyampaikan Laporan Tahunan Rektor. Rektor mengawali laporannya dengan mengungkap kembali Surat Keputusan No. 573/E/O/2014 tentang pemberian ijin berdirinya Universitas Katolik Musi Charitas. UKMC adalah merger dari tiga sekolah tinggi yang sudah puluhan tahun sebelumnya melayani masyarakat yaitu STIKES Perdhaki Charitas, STT Musi dan STIE Musi. Slamet Santoso MBA.,DBA menyampaikan bahwa masa-masa awal keberadaan UKMC ini adalah masa untuk mengkonsolidasikan tiga sekolah tinggi menjadi satu, sebuah universitas. Oleh sebab itu, tema yang menjadi perhatian pada masa awal ini adalah “Konsolidasi: Penataan Organisasi dan Sistem Manajemen”. “Rencana kerja dan anggaran berpedoman pada tema tersebut. Dengan tema ini kita berharap agar dapat membangun tatakelola organisasi yang baik. Diharapkan pula dalam empat sampai lima tahun ke depan tema konsolidasi dapat menjadi dasar untuk meletakan budaya organisasi / universitas dan tata kelola yang siap melesatkan UKMC sebagai universitas yang baik”, ungkapnya dari atas podium.

 

 
Rektor juga memaparkan perkembangan prodi-prodi dan akreditasinya. Dengan dikabulkannya permohonan pengajuan program studi baru berdasarkan Surat Keputusan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 348/KPT/I/2017, UKMC mengelola 14 program studi dalam tiga fakultas. Prodi Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners mendapatkan peningkatan akreditas dari C ke B. Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas akademik, UKMC telah mengirimkan Proposal Program Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Tahun Anggaran 2017 yang diluncurkan oleh Kemenristekdikti secara online (PP-PTS 2017). Total dana untuk pengadaan sarana dan prasana yang diajukan dalam proposal PP-PTS 2017 Online adalah sebesar Rp. 996.551.000,-. Rektor juga melaporkan perkembangan dan berbagai upaya peningkatan kualitas SDM baik SDM pendidikan maupun non kependidikan.

 

Pada perayaan puncak dies natalis ini, UKMC mengundang Prof. Djamaludin Ancok Ph.D untuk menyampaikan orasi ilmiah. Dalam orasi yang diberi judul “Tantangan Perubahan dan Dampaknya pada Pengelolaan Perguruan Tinggi”, Ancok menekankan pentingnya setiap orang dan juga organisasi menyadari bahwa perubahan adalah suatu keniscayaan. Dunia terus berubah. Dengan memberikan ilustrasi kapal Titanic yang karam, Ia berharap agar universitas peka terhadap lingkungan yang berubah dan jangan sampai ‘telat mikir’ agar ‘kapal’ tidak karam. Guru Besar Psikologi UGM ini menjelaskan agar dalam kondisi turbulensi yang agak sulit diprediksi, organisasi perguruan tinggi dituntut melakukan 3 M untuk bersinergi yaitu Meaning, Membership dan Mastery. Selain itu, Ia juga menekankan pentingnya membangun sinergi antar fakultas sebagai salah satu upaya menanggapi perubahan. Sinergi itu bisa dalam bentuk sharing resources (bangunan, dosen, fasilitas) dan membangun knowledge sharing center.

 

Perayaan dies tahun ini juga menjadi lahirnya Ikatan Alumni Universitas Katolik Musi Charitas (IKA UKMC). Khusus periode pertama kepengurusan, IKA UKMC dikukuhkan dengan Surat Keputusan Rektor. IKA UKMC yang diketuai oleh Suwandi Hermawan SE mempunyai tanggung jawab untuk menyempurnakan AD/ART yang akan menjadi acuan jalannya organisasi, salah satunya dalam memilih dan menetapkan kepengurusan.

 

Acara puncak dies natalis diakhiri dengan potong tumpeng ulang tahun yang dilakukan oleh Rektor UKMC dan acara ramah tamah.

Acara Puncak Dies Natalis II