Detil Berita

Career Talk Unika Musi Charitas: Metode Pembelajaran Melalui Tokoh-Tokoh Sukses

  • by: Unit Informasi Multimedia
  • 11 April 2018

Pasar tenaga kerja saat ini diwarnai dengan ketersediaan sumber daya manusia dengan berbagai latar belakang pendidikan serta persaingan yang ketat dalam memperoleh kesempatan kerja.

Penilaian calon tenaga kerja pun tidak hanya terletak pada nilai-nilai akademik yang diperoleh selama proses pendidikan tetapi juga seberapa banyak pengalaman, pengetahuan dan pembelajaran yang diperoleh melalui berbagai kegiatan di luar pendidikan formal.

Menyadari hal tersebut, maka Universitas Katolik (Unika) Musi Charitas melalui Ikatan Alumni (IKA UKMC), bekerja sama dengan Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Palembang, menyelenggarkan acara Career Talk.

Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 7 April 2018 lalu di Aula Fakultas Sains dan Teknologi, menghadirkan 3 narasumber yaitu

  • Bpk. Haris JUmadi (Direktur PT. TIKI Palembang)
  • Bpk. Wahyudi Kresna (General Manager Garuda Indonesia Palembang)
  • Bpk. Eko David Irawan (Vice President Sales PT. Semen Baturaja)

Para narasumber membagikan pengalaman merintis karir hingga dapat menempati posisi seperti saat ini kepada 400 orang peserta yang terdiri dari para mahasiswa baik dari Unika Musi Charitas, Bina Darma, Poltek Unsri, Tridinanti, para siswa SMA dan SMK serta masyarkat umum.

Menurut para narasumber, hal penting yang perlu diperhatikan agar para peserta dapat sukses dalam berkarir adalah memiliki karakter yang baik, kemampuan komunikasi dan pembelajaran melalui berbagai kegiatan organisasi.

Para peserta seminar sangat antusias, terutama pada saat sesi tanya jawab. Berbagai hal terkait pengalaman, tantangan dan tips berkarir menjadi topik inti pertanyaan para peserta. Bpk. Suwandi Hermawan, selaku ketua Ikatan Alumni (IKA UKMC) yang juga merupakan Vice President Akademik dan Sertifikasi IMA Chapter Palembang, menyatakan bahwa acara serupa akan dilakukan secara rutin dengan mengundang narasumber lain yang kompeten di bidangnya. “Hal ini penting agar adik-adik mahasiswa tahu bahwa IPK tinggi bukan satu-satunya jaminan untuk sukses dlam karir, banyak pembelajaran nyata dari orang-orang sukses yang akan membuka wawasan kita.” demikian disampaikan oleh Bpk. Suwandi Hermawan.