Detil Berita

BAN-PT Visitasi APT UniKa Musi Charitas

  • by: Unit Informasi Multimedia
  • 08 March 2019

Setelah beberapa waktu mempersiapkan borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi dan mengunggah ke laman SAPTO, Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC) mendapatkan visitasi lapangan (Minggu-Senin, 3-5/3/19) dari para asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Hadir sebagai asesor yaitu Prof. Augusty Tae Ferdinand, Ph.D (Universitas Diponegoro), Dr. Muhamad Hadi, M.Kes (Universitas Muhamadiyah Jakarta) dan Paulus Insap Santoso, Ph.D (Universitas Gajah Mada).
 
Pembukaan visitasi dilakukan di Aula Gd. Yoseph pada Pkl. 08.30 WIB. Acara pembukaan dihadiri oleh para Dewan Pembina dan Dewan Pengurus Yayasan Musi Palembang, para pejabat stuktural di lingkungan UKMC, para dosen dan mahasiswa. Mgr. Aloysius Sudarso SCJ., MA selaku ketua Dewan Pembina, dalam kata sambutannya menyampaikan terima kasih atas kedatangan para assessor di kampus UKMC. ‘Semoga kedatangan para assessor dan masukan-masukan yang diberikan bisa membantu UKMC lebih maju dan berkembang’, katanya. Sementara itu, Slamet Santoso Sarwono MBA.,DBA dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan para asesor. Ia menjelaskan bahwa UKMC adalah universitas yang baru berjalan selama empat tahun yang merupakan hasil merger dari tiga sekolah tinggi, STIKES Perdhaki Charitas, STT Musi dan STIE MUSI, yang sudah puluhan tahun mendidik para generasi muda. Setelah sambutan Rector, para asesor memperkenalkan diri masing-masing.
 
Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan interview antara para asesor dengan Rektor dan tim pembuat borang. Assessment dilakukan juga dengan perwakilan dosen, mahasiswa, alumni dan para pengguna alumni. Tidak hanya meng-interview pihak-pihak terkait, para asesor juga melakukan kunjungan fasilitas yang ada di lingkungan UKMC dari perpustakaan, laboratorium, ruang kelas, ruang dosen dan fasilitas lainnya. Para asesor menyampaikan kesan baik terhadap UKMC karena sebagai universitas baru tetapi banyak hal baik yang sudah dilakukan dan berkembang sesuai dengan ketentuan proses pelayanan pendidikan perguruan tinggi. Tentu banyak hal yang juga masih harus dikembangkan menjadi lebih optimal. Kegiatan assessment berakhir pada pkl. 20.30 WIB setelah Rektor dan tim pembuat borang membaca dan menyetujui hasil assessment. Semoga visitasi ini membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan untuk kemajuan dan perkembangan UKMC.