Detil Berita

AYO Project 2021

  • by: KKA
  • 17 March 2021

AYO Project merupakan kegiatan character building yang wajib diikuti mahasiswa/i Unika Musi Charitas. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diarahkan untuk lebih memahami dan menghayati peran (keberadaannya) sebagai mahasiswa/i Unika Musi Charitas. Sedari awal studi, mahasiswa/i penting melakukan tindakan perencanaan pengembangan diri baik di bidang akademik maupun non-akademik. Melalui tindakan yang kontekstual sesuai dengan potensi dirinya, situasi kampus, dan masyarakat umum, perencanaan mahasiswa diwujudkan dengan tindakan yang terintegrasi dengan nilai-nilai CHAMPION Unika Musi Charitas. Dalam AYO Project, mahasiswa diajak untuk membuat suatu tindakan pengabdian kepada masyarakat sekitar. Tujuan tindakan kelaur dari dirinya, mahasiswa menemukan masukan serentak pengolahan diri terhadap situasi nyata sekitarnya. Mahasiswa mendapatkan tambahan wawasan, keterampilan, dan pengalaman untuk berkembang menjadi lebih baik. Kegiatan AYO Project dilaksanakan setiap bulan Februari. Walaupun sekarang sedang pandemi Covid-19 kegiatan AYO Project tahun 2021 tetap dilaksanakan tetapi secara online.
 
Tema AYO Project 2021 adalah “Kita CHAMPION Menginsipirasi 5M”. Adapun konteks masyarakat Indonesia yang melatarbelakangi tema yaitu keprihatinan dan kepedulian kesehatan masyarakat yang berada di tengah pandemi Covid-19. Di tengah wabah virus corona (Covid-19) tidak semua orang bisa merasakan prihatin yang sesungguhnya. Ada yang hanya berkomentar namun tidak bertindak, masih ada melanggar aturan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus. Kebersihan diri dan lingkungan menjadi sangat penting. Tindakan saling mengingatkan, memelihara, menjaga kesehatan merupakan tindakan sederhana yang memiliki dampak luas.
 
Inspirator pada tema e-IUMC 2021 adalah solusi dari situasi. Mahasiswa UKMC yang memiliki jiwa muda akan bertindak dan berpikir dilandasi dengan nilai CHAMPION. Untuk membuktikan bahwa orang muda juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang. Bahwa kita semua adalah inspirator muda yang dapat menginspirasi 5M dengan menjunjung nilai- nilai CHAMPION (Charity, Humanity, Altruism, Managerial Capacity, Persistent, Integrity, Opportunity dan Novelty).
 
Dengan adanya nilai-nilai CHAMPION ini diharapkan mahasiswa baru dapat memberikan dampak yang baik di lingkungan kampus maupun di lingkungan masyarakat.
Makna gerakan 5M protokol kesehatan adalah sebagai pelengkap aksi 3M. yaitu: Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi.
 
Pada tanggal 18 Februari tahun 2021 telah diadakan pembinaan AYO Project, dimana pembinaan ini dilakukan secara virtual melalui zoom. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Slamet Santoso Sarwono,MBA.,DBA. selaku Rektor UKMC, RD. Gunadi Emmanuel, S.T.,M.Eng selaku Wakil Rektor 3 UKMC, Ibu Ria Triayomi, M.Pd. selaku kepala Kantor Kemahasiswaan dan Alumni serta Yulita Permata Sari, S.E., Romo Anselmus inharjanto. SCJ.,M.Phil., dan Ibu Tresiana Diah Utami, M.pd. sebagai Narasumber dalam acara pembinaan ini.
 
Mahasiswa/i dibagi dalam 2 kelompok besar yaitu didalam Palembang dan diluar Palembang, ini dikarenakan agar para Mahasiswa/i dapat lebih mudah dalam menjalankan kegiatan AYO Project. Kemudian 2 kelompok besar ini dibagi lagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang mana 1 kelompok terdiri dari 4-5 orang.
 
Keluaran AYO Project untuk tahun 2021 dikelompokkan menjadi 2 yaitu Kegiatan Kelompok dan Kegiatan Mandiri. Kegiatan Kelompok untuk Mahasiswa/i yang berada di dalam Palembang adalah menyusun Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam bentuk proposal sesuai bidang PKM yang kemudian akan diajukan ke DIKTI. Sedangkan untuk Mahasiswa/i yang ada di luar Palembang mengadakan kegiatan pembinaan/webinar untuk masyarakat mengenai Edukasi Perubahan Perilaku yang diharapkan bisa memberikan pemahaman masyarakat mengenai bahayanya Covid-19 dan pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan mandiri untuk Mahasiswa/i yang berada di dalam Palembang maupun yang berada di luar Palembang adalah memberikan Edukasi Perubahan Perilaku ke masyarakat selama 15 hari/15 kali. – Panitia AYO Project 2021
 

Dokumentasi